PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMAN 4 KOTA BENGKULU DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL

M, Zen and Agus , Trianto and Susetyo, Susetyo (2009) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMAN 4 KOTA BENGKULU DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL. Masters thesis, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

[img] Text
Tesis Pak Zen FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMAN 4 Kota Bengkulu dengan pendekatan kontekstual. Aspek yang dilihat disini adalah penggunaan kata,pilihan kata, penggunaan rima, penggunaan irama, tipografi dan penggunaan tema yang ditulis siswa kedalam puisi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, guna untuk melihat perkembangan kemampuan menulis puisi siswa dengan memperhatikan proses, pengamatan, observasi dan tindakan dengan memperhatikan siklus I sampai siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (a) Peningkatan kemampuan menulis puisi siswa dapat meningkat dengan pendekatan kontekstual dengan menggunakan media pancingan audio visual. Hasil tersebut terbukti dari kemampuan siswa ratarata 50% dari sampel 34 orang menjadi 82,29% nilai rata-rata meningkat menjadi nilai baik.(b) Pemanfaatan media audio visual dapat meningkatkan dan kreatifitas siswa untuk menulis puisi, (c) pemanfatan media visual sebagai teknik pancingan yang merupakan pendekatan kontekstual dapat memotivasi siwa dalam menentukan tema, rima, irama dan tipografi dalam menulis puisi. (d) dengan pendekatan kontektual guru-guru dapat menuntun siswa belajar yang bervaratif sehingga timbul kesan belajar yang menyenangkan baik guru maupun siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 22 Dec 2013 11:05
Last Modified: 22 Dec 2013 11:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5242

Actions (login required)

View Item View Item