ANALISIS VALIDITAS ISI SOAL UJIAN NASIONAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASYAH ALIYAH (SMA/MA) TAHUN PELAJARAN 2008/2009

Riva’i, Riva’i and Susetyo, Susetyo and Agus , Trianto (2009) ANALISIS VALIDITAS ISI SOAL UJIAN NASIONAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASYAH ALIYAH (SMA/MA) TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Masters thesis, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

[img] Text
TESIS RIVAI FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat validitas isi soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia tentang kompetensi mendengarkan dilihat dari Standar Isi, (2) tingkat validitas isi soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia tentang kompetensi berbicara dilihat dari Standar Isi, (3) tingkat validitas isi soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia tentang kompetensi membaca dilihat dari Standar Isi. (4) tingkat validitas isi soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia tentang kompetensi menulis dilihat dari Standar Isi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis karena diharapkan dapat mengungkapkan validitas isi soal Ujian Nasional mata pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Atas/Madrasyah Aliyah (SMA/MA) Program IPA, IPS, dan Keagamaan tahun pelajaran 2008/2009. Objek penelitian ini adalah Soal 50 butir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dari 50 butir soal tersebut tidak satupun soal yang menguji keterampilan berbahasa aspek mendengarkan (0%), (2) dari 50 butir soal tidak satupun soal yang menguji keterampilan berbahasa aspek berbicara (0%). (3) dari 50 soal, yang menanyakan aspek membaca (ferformance = unjuk kerja) sebanyak 19 butir soal (38%). 19 burtir soal tersebut menanyakan 14 kompetensi dasar dari 24 kompetensi dasar mulai dari kelas X sampai dengan kelas XII (58,3%). (4) dari 50 soal, yang berhubungan dengan keterampilan berbahasa aspek menulis sebanyak 19 butir soal (38%). Pertanyaan hanya sebatas pada aspek berpikir kognitif pada tahap berpikir analisis (C-4). (5) di antara 50 soal, terdapat 4 butir soal yang isinya menyimpang dari Standar Isi (Kompetensi Dasar) atau sebanyak (8%). Berdasarkan hasil penilitian di atas dapat disimpulkan bahwa isi soal Ujian Nasional mata pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Atas/Madrasyah Aliyah (SMA/MA) Program IPA, IPS, dan Keagamaan tahun pelajaran 2008/2009 tingkat validitasnya hanya 38%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 22 Dec 2013 11:26
Last Modified: 22 Dec 2013 11:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5250

Actions (login required)

View Item View Item