PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP ISI TEKS SASTRA DAERAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD KELAS VII A SMP NEGERI 5 SELUMA

Dewi, Rosmala and Susetyo, Susetyo and Dian Eka Chandra, Wardhana (2009) PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP ISI TEKS SASTRA DAERAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD KELAS VII A SMP NEGERI 5 SELUMA. Undergraduated thesis, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

[img] Text
ROSMALA DEWI _A2A007015_ FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (997kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan teks sastra daerah. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 5 Seluma pada tahun pelajaran 2008/2009. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) Hasil siklus pertama, aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar rata-rata 79 %, aktivitas guru rata-rata 68 %, dan penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran rata-rata 72%, (b) Hasil siklus kedua, akitivitas siswa dalam proses belajar mengajar rata-rata 84, %, aktivitas guru rata-rata 98 % dan penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran melalui pemberian kuis diperoleh hasil 84,4%. Berdasarkan analisis, terjadi peningkatan rata-rata dari siklus pertama ke silkus kedua, baik peningkatan aktivitas siswa, aktivitas guru maupun peningkatan terhadap penguasaan materi pembelajaran. Dari hasil analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa (a) Model pembelajaran tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran, (b) kegiatan diskusi kelompok mengalami kemajuan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, (c) Aktivitas siswa meningkat dari 70% pada siklus pertama menjadi 84% pada siklus kedua, (d) Ativitas guru dari 68 % pada siklus pertama meningkat menjadi 98% pada siklus kedua, (e) Pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran meningkat dari 72, 1% pada siklus pertama menjadi 84,4% pada siklus kedua. Dari angket yang diberikan kepada siswa hampir semua siswa menyatakan senang dengan pembelajaran yang menggunakan model tipe STAD.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 22 Dec 2013 11:28
Last Modified: 22 Dec 2013 11:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5251

Actions (login required)

View Item View Item