EFEKTIVITAS SOAL UJIAN NASIONAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP KTSP SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Mariami , Santi and Agus , Trianto and Susetyo, Susetyo (2009) EFEKTIVITAS SOAL UJIAN NASIONAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP KTSP SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Masters thesis, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

[img] Text
TESIS SANTI MARIAMI FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (655kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian soal Ujian Nasional tahun 2007 sampai dengan tahun 2009 mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP dengan Kompetensi Dasar yang terdapat dalam kurikulum. Data berupa soal-soal Ujian Nasional mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP tahun 2007 sampai dengan tahun 2009. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Soal Ujian Nasional tahun 2007 sampai dengan tahun 2009 mata pelajaran Bahasa Indonesia, materi atau bahan sepenuhnya menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama. (2) Untuk soal Ujian Nasional tahun 2007 sampai dengan tahun 2009 dari keempat keterampilan berbahasa yaitu keterampilan mendengarkan, keterampilan berbicara, keterampilan membaca dan keterampilan menulis yang paling dominan diujikan hanya keterampilan membaca dan menulis . (3) Setiap item soal menugaskan siswa menjawab atau melengkapi soal hanya dengan memilih jawaban yang telah diseiakan, siswa tidak ditugaskan untuk menulis jawaban dengan kata-kata, jadi keterampilan menulis tidak ada hanya keterampilan membaca saja. (4) Dengan demikian soal Ujian Nasional tahun 2007 sampai dengan tahun 2009 mata pelajaran Bahasa Indonesia dinyatakan tidak efektif terhadap Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 22 Dec 2013 11:30
Last Modified: 22 Dec 2013 11:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5252

Actions (login required)

View Item View Item