PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS BAHASA PETUNJUK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI STRATEGI SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 PADANG ULAK TANDING (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Subekti, Susilo and Dian Eka Chandra, Wardhana and Susetyo, Susetyo (2009) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS BAHASA PETUNJUK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI STRATEGI SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 PADANG ULAK TANDING (PENELITIAN TINDAKAN KELAS). Masters thesis, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

[img] Text
TESIS SUSILO SUBEKTI FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (919kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar menulis bahasa petunjuk dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 PUT melalui strategi Snowball throwing. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa, sangat besar perbedaan antara pembelajaran yang telah menggunakan model Paikem dengan pembelajaran yang tidak menggunakan model Paikem sebelumnya. Hasi tes tertulis pada siswa yang telah melaksanakan strategi Snowball Throwing separuh dari jumlah siswa 12 orang berhasil meraih nilai 90. Ini menunjukkan bahwa ada kemajuan dari hasil tes tertulis sebelumnya, karena tes tertulis sebelumnya tidak ada satupun siswa yang meraih nilai 90. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sebelum melaksanakan pembelajaran yang menggunakan strategi Snowball Throwing hanya mencapai nilai 70. Model Paikem dengan strategi Snowball Throwing adalah model pembelajaran yang dibangun dalam rangka membantu dan memudahkan siswa untuk memahami proses pembelajaran menulis petunjuk melakukan sesuatu yang terdapat pada sebuah kemasan produk dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif, serta berguna untuk meningkatkan kecerdasan siswa menjadi aktif dan berpikir kreatif. Melalui strategi Snowball Throwing terbukti dapat meningkatkan hasil balajar menulis bahasa petunjuk dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri 3 PUT. Melalui strategi Snowball Throwing ternyata terbukti dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan serta menarik minat para siswa kelas VIII SMP Negeri 3 PUT.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 22 Dec 2013 11:40
Last Modified: 22 Dec 2013 11:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5255

Actions (login required)

View Item View Item