ANALISIS LINGKUNGAN PERUSAHAAN DAN PERSAINGAN UNTUK FORMULASI STRATEGI PEMASARAN JASA KONSULTANSI DI PT. YODYA KARYA (Persero )

Bagiyo , Itnu and Lizar, Alfansi and Ferry , Tema Atmaja (2009) ANALISIS LINGKUNGAN PERUSAHAAN DAN PERSAINGAN UNTUK FORMULASI STRATEGI PEMASARAN JASA KONSULTANSI DI PT. YODYA KARYA (Persero ). Masters thesis, Fakultas Ekonomi.

[img] Text
Itnu Bagio Ok FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

PT. Yodya Karya (Persero) adalah Perusahaan nasional milik negara berasal dari perusahaan yang didirikan di Jakarta tahun 1948. Namun dalam perjalanan bisnisnya makin lama semakin berat tantangan yang dihadapi. Persaingan bisnis jasa konsultan yang semakin ketat terjadi lantaran jumlah pengusaha jasa konsultan kian bertambah banyak terdiri dari pendatang baru, perusahaan asing dan perusahaan pemain lama. Kondisi inilah yang mendasari untuk merumuskan strategi pemasaran perusahaan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan pengumpulan data menggunakan studi lapangan untuk mendapatkan data primer dan studi kepustakaan untuk mendapatkan data sekunder. Lingkungan internal perusahaan meliputi data tentang organisasi, operasional dan kinerja perusahaan. Lingkungan Internal PT. Yodya Karya (persero) mempunyai kekuatan karena merupakan salah satu BUMN konsultan yang mempunyai reputasi baik yang terbukti dengan perolehan predikat sebagai 10 besar BUMN terbaik, memperoleh ISO 9001, kinerja perusahaan sehat ”AA”. Lingkungan Internal PT. Yodya Karya (persero) terdapat faktor kelemahan yaitu mempunyai banyak tenaga tetap SMA sehingga kurang efisien dan produktif dan cenderung membebani perusahaan karena tenaga tersebut tidak bisa dijual untuk tender, kurangnya pengalaman di bidang migas, kurangnya pengalaman di bidang desain jalan tol dan kurang idealnya jumlah cabang. Lingkungan Eksternal terdiri dari data lingkungan mikro dan makro. Lingkungan Eksternal PT. Yodya Karya (persero) terdapat peluang yaitu masih cukup potensial diantaranya proyek-proyek dana rutin APBN, APBD, proyek BUMN dan swasta. Kondisi alam di Indonesia yang sering terjadi bencana bisa merupakan peluang disaat setelah terjadi bencana / pasca bencana karena akan banyak proyek. Sektor migas, energi sumber daya mineral dan investasi jalan tol merupakan peluang pasar yang sangat potensial. Lingkungan Eksternal PT. Yodya Karya (persero) terdapat ancaman yang datang dari dari para pemain baru, konsultan asing dan pemain lama. Lingkungan Persaingan usaha jasa konsultansi sangat ketat ini terbukti dari jumlah 128 perusahaan tahun 2007 menjadi 205 tahun 2008, yang menunjukan bahwa pertumbuhan jumlah perusahaan ini cukup pesat yaitu skitar 60,15 %. PT. Yodya Karya (persero) menempati posisi ke 38 dari 205 perusahaan konsultan yang tergabung dalam asosiasi perusahaan INKINDO DKI Jakarta. Diantara perusahaan itu 10 besar peringkat omsetnya dikuasai oleh perusahaanperusahaan konsultan perminyakan. Rumusan / rancangan strategi hasil dari perhitungan matrik SWOT di peroleh beberapa strategi yang diterapkan dalam program kerja yaitu a. Pemasaran agresif, b. Diferensiasi produk layanan, c. Perluasan saluran distribusi, d. Optimalisasi SDM, e. Kerja Sama Operacional (KSO), f. Selektif Proyek, g. peningkatan Keaktifan Sekretaris Perusahaan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 22 Dec 2013 13:29
Last Modified: 22 Dec 2013 13:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5278

Actions (login required)

View Item View Item