PENGEMBANGAN MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN APLIKASI KONSEP (STUDI PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN UNTUK BIDANG SAINS DI SEKOLAH DASAR

Medriati , Rosane (2011) PENGEMBANGAN MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN APLIKASI KONSEP (STUDI PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN UNTUK BIDANG SAINS DI SEKOLAH DASAR. EXACTA, 9 (2). pp. 51-58. ISSN 1412-3617

[img]
Preview
Text (Journal)
08. Rosane Medriati Hal. 51-58.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (95kB) | Preview

Abstract

Realitas lapangan menunjukkan bahwa proses pembelajaran maupun hasil pembelajaran Sains di sekolahdasar belum memenuhi kualitas pembelajaran yang diharapkan sesuai dengan tuntutan kurikulum. Berdasarkan salahatu fungsi mata pelajaran Sains di SD, yaitu untuk menguasai konsep dan dapat mengaplikasikasikan konsep Sainsdalam kehidupan sehari-hari, oleh karena itu dibutuhkan model pembelajaran yang cocok untuk meningkatkankemampuan penguasaan aplikasi konsep Sains. Tujuan penelitian untuk menghasilkan suatu model pembelajaranSains yang mampu meningkatkan kemampuan penguasaan Aplikasi konsep Sains siswa. Pendekatan penelitian yangdigunakan adalah R & D, yang dimodivikasi menjadi tiga langkah penelitian sebagai berikut studi pendahuluan,pengembangan model, dan uji validasi model. Subjek penelitian adalah, guru dan siswa SD di Kota Bengkulu. Hasilpenelitian dan pengembangan menghasilkan Model Pembelajaran Sains dengan Model Siklus Belajar (LearningCycle )sebagai model pembelajaran Sains yang dapat meningkatkan kemampuan penguasaan aplikasi konsep Sainsiswa SD. Model Siklus Belajar (Learning Cycle) merupakan model pembelajaran Sains yang fokus padapeningkatan kemampuan penguasaan Aplikasi konsep Sains siswa SD dengan menekankan pada pengalamanangsung pada siswa melalui bantuan benda kongrit disekitar siswa. Model Pembelajaran Siklus Belajar secaraignifikan dan efektif terbukti dapat meningkatkan kemampuan penguasaan aplikasi konsep Sains siswa SD biladibandingkan dengan model pembelajaran yang selama ini digunakan guru.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 04 Apr 2013 00:14
Last Modified: 04 Apr 2013 00:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/534

Actions (login required)

View Item View Item