MENINGKATKAN KETERAMPILAN KAYANG DENGAN MODEL LATIHAN SIRKUIT PADA SISWA KELAS IV SD N 60 KOTA BENGKULU

Hermansyah, Hermansyah and Osa, Juarsa and Amrul, Bahar (2013) MENINGKATKAN KETERAMPILAN KAYANG DENGAN MODEL LATIHAN SIRKUIT PADA SISWA KELAS IV SD N 60 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-her.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (363kB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-her.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (918kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model latihan sirkuit dapat meningkatkan keterampilan kayang dan bagaimanakah langkah-langkah penerapan model latihan sirkuit dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan kayang pada siswa kelas IV SD Negeri 60 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan setting prosedur penelitian dalam bentuk siklussiklus yang terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (action),pengamatan (observation) dan refleksi (reflexion). Hasil penelitian pada pra-siklus diketahui nilai rata-rata Pada Sikap kayang terjadi peningkatan 95% dengan sebaran 4.1 pada pra-siklus sebesar 4.4 dengan kategori kurang meningkat pada siklus tiga menjadi 8.5 dengan kategori baik sekali, gerakan kayang lenting belakang meningkat 50% dengan sebaran 3.0 pada pra-Siklus sebesar 5.5 dengan kategori kurang meningkat pada siklus ketiga 8.5 dengan kategori baik sekali, dan gerakan kayang walkover meningkat 46% dengan sebaran 2.8 sebesar 4.7 (pra-siklus) dengan kategori kurang menjadi 7.5 (siklus ketiga) dengan kategori baik. Langkahlangkah model latihan sirkuit yang diterapkan adalah 16 langkah 1)Apersepsi, 2) Penyampain tujuan pembelajaran, 3) Pemanasan, 4)Melakukan lari bolak-balik 10 meter selama 1 menit, 5). Melakukan sikap kayang dari posisi tidur 8 hitungan x 3, 6) Melakukan gerakan back-up 30 detik, 7) Melakukan gerakan sit-up 10 x 2, 8) Melakukan gerakan kayang bersandar ke dinding 8 detik x 2, 9) Melakukan gerakan kayang melempar kaki ke dinding 8 detik x 2, 10) Melakukan gerakan kayang berdirimelenting kebelakang 4 detik x 4, 11) Melakukan gerakan push-up sebanyak 10 x 3, 12) Melakukan gerakan kayang berdiri dengan mengangkat kaki kesamping 6 detik x 3, 13) Melakukan kayang wallk-over 2 detik x 4, 14) Pendinginan, 15) Refleksi, dan 16) Evaluasi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ?? def_phi ??
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 23 Dec 2013 10:32
Last Modified: 23 Dec 2013 10:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5403

Actions (login required)

View Item View Item