Muzer, Muzer and Ridwan, Nurazi and Meiliani, Meiliani (2009) PENGEMBANGAN KARIER PERSONAL KARYAWAN PT BANK BENGKULU CABANG UTAMA DI KOTA BENGKULU. Masters thesis, Fakultas Ekonomi.
Text
Muzer Tesis Ok FE-2.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk distribusi dan faktor dominan yang terjadi pada career anchor karyawan PT Bank Bengkulu Cabang Utama di Kota Bengkulu. Penelitian ini juga menguji hubungan career anchors dengan faktor-faktor demografi terpilih, yaitu pendidikan, usia, status perkawian, dan jumlah anak. Konsep career anchor yang digunakan didasari oleh teori Schein (1978; 1996) dan konsep Feldman dan Bolino (1996) tentang occupational self-concept dengan menggunakan Career Anchor Inventory (CAI) yang dikembangkan oleh Igbaria dan Baroudi (1993). Penelitian ini merupakan penelitian survai dngan menggunakan metode sensus untuk penarikan sampel. Kuisioner dikumpulkan dari 58 responden yang memenuhi kriteria sampel. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif, uji chi-square goodness-of-fit and crosstabulation. Hasil analisis memberikan gambaran yang bervariasi. Pure Challenge career anchor yang dipilih oleh 29,31 persen (17 responden) muncul sebagai single career anchor yang paling disukai di antara para responden. Selain itu, dari 58 responden, 22,41 persen (13 orang) cenderung memilih multiple career anchors sebagai career anchor dominan dengan kombinasi talent, need dan value. Secara statistik, hipotesis ditolak karena career anchor hanya terdistribusi pada tujuh career anchors, yaitu Managerial Competence, Autonomy, Pure Challenge, Lifestyle, Entrepreneurial Creativity, dan Geographic Stability. Demikian juga, hipotesis hubungan antara career anchor dengan faktor demografi, ditolak (ρ ≥ 0.05). Para karyawan menginginkan tantangan dalam bekerja. Mereka ingin memberdayakan kemampuan selain kapabilitas yang dimiliki dengan cara perusahaan memberikan pekerjaan beragam supaya dalam pengembagan karier mereka siap didudukan pada posisis apapun. Penelitian ini mengimplikasikan bahwa perusahaan dapat menggunakan CAI untuk jenjang karier karyawannya. Untuk selanjutnya, karyawan dapat berkonsentrasi pada pengembangan talent, need, dan value anchors untuk meningkatkan karier mereka.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Manajemen |
Depositing User: | 012 Adek Adek |
Date Deposited: | 23 Dec 2013 12:12 |
Last Modified: | 23 Dec 2013 12:12 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5448 |
Actions (login required)
View Item |