MENINGKATKAN KETERAMPILAN SERVIS BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI DENGAN METODE DRIIL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 16 PUTRI HIJAU

Kamikem, Kamikem and Arwin, Arwin and Izzudin, Izzudin (2013) MENINGKATKAN KETERAMPILAN SERVIS BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI DENGAN METODE DRIIL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 16 PUTRI HIJAU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-kam.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (379kB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-kam.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (721kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Keterampilan Servis Bawah Dalam Permainan Bola Voli Dengan metode Driil Pada Siswa Kelas V SD Negeri 16 Putri Hijau Bengkulu Utara. Penelitian ini menggunakan metode berupa Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yaitu penelitian tindakan merupakan pengumpulan informasi yang sistematis yang dirancang untuk menghasilkan perubahan sosial. Bogdan & Biklen, 1982 Dalam Burns, (1999). Sebagai subyek penelitian adalah siswa siswi kelas V SDN 16 Putri Hijau yang berjumlah 21 0rang dengan komposisi perempuan 13 orang dan laki-laki 8 orang. Pada siklus pertama sebagian siswa belum terbiasa terhadap kondisi belajar dengan pembelajaran menggunakan metode drii sehingga dilakukan tindakan dengan memberi penjelasan kepada siswa tentang prinsip-prinsip pembelajaran dengan metode driil. Di sisi lain guru sebagai kolaborator dalam PTK ini juga belum maksimal dalam mengimplementasikan pembelajaran dengan metode driil. Dalam siklus kedua siswa dan (kolaborator) sudah memahami implementasi pembelajaran dengan metode driil dan menunjukan hasil yang cukup memuaskan. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi terhadap guru (kolaborator) dan siswa mulai terbiasa menciptakan suasana pembelajaran yang mengarah pada pendekatan pembelajaran dengan metode driil.Dari hasil obsevasi, aktivitas siswa meningkat dari 41,33 % menjadi 68,19 % pada siklus kedua. Dari hal pelaksanaan PTK, siklus pertama,dan kedua, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode driil dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran servis bawah permainan bola voli pada siswa kelas V SDN 16 Putri Hijau Bengkulu Utara.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ?? def_phi ??
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 23 Dec 2013 12:50
Last Modified: 23 Dec 2013 12:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5478

Actions (login required)

View Item View Item