Yusmaniarti, Yusmaniarti and Kamaludin, Kamaludin and Sri , Adji Prabawa (2009) EVALUASI KINERJA LEMBAGA PENDIDIKAN TINGGI DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS PADA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU). Masters thesis, Fakultas Ekonomi.
Text
Yusmaniarti Tesis FE-2.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Pengembangan organisasi merupakan bagian penting dalam sistem pendidikan di PTS. Hal ini karena mempunyai pengaruh yang kuat terhadap keberhasilan pencapaian tujuan Perguruan Tinggi, khususnya pengembangan organisasi yang menyangkut persepektif keuangan, pelanggan, proses bisnis/jasa pendidikan, dan pembelajaran dan pertumbuhan. PTS hendaknya mengoptimalkan layanan pendidikan dengan potensi sumber daya yang ada sesuai dengan tuntutan lingkungan internal dan eksternal, memperkuat komitmen personil. UMB merupakan salah satu PTS yang cukup bersaing dengan PTS yang ada hal ini dapat dilihat dari animo masyarakat terhadap UMB, yang ditunjukkan semakin bertambahnya mahasiswa dari tahun ke tahun. Bagaimana manajemen Universitas Muhammadiyah Bengkulu diukur dengan pendekatan Balanced Scorecard? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja manajemen UMB dengan pendekatan Balanced Scorecard Data diperoleh dari data skunder dan penyebaran kuesioner kepada responden terdiri dari 116 mahasiswa dan 116 orang tua serta d osen dan karyawan UMB 50 orang.Kuesioner diadopsi dari Parasuraman (1988) dengan 22 pertanyaan untuk 4 dimensi perspektif pelanggan, proses bisnis internal dan pertumbuhan dan pembelajaran dengan menggunakan skala likert. Data diolah dengan memberikan bobot pada masing-masing perspektif, perspektif keuangan 15%, perspektif pelanggan 25 %, proses internal bisnis 40 % dan pembelajran dan pertumbuhan 20%. Dari hasil pengukuran kinerja masing-masing perspektif, perspektif keuangan dengan pengukuran digunakan ratio aktivitas dengan hasil rata-rata 55% per tahun dan ratio profitabilitas menunjukkan hasil 12 % per tahun. Perspektif pelanggan menunjukkan kepuasan mahasiswa rata-rata (mean) 3,95 cendrung baik dan hubungan dengan mahasiswa dari aspek Tangible rata-rata (mean) 4,57 baik.Responbility rata-rata 3,74 cendrung baik, Emphaty rata-rata 3,5 ragu-ragu. Perspektif proses internal bisnis menunjukkan keandalan dalam proses belajar mengajar rata-rata (mean) 4.06 baik. Sedangkan komitmen dan kepuasan dosen dan karyawan cendrung baik. Perspektif pertumbuhan dan pembelajran rata -rata (mean) 4.0 baik . Performance Grade UMB dikategorikan cukup.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Manajemen |
Depositing User: | 012 Adek Adek |
Date Deposited: | 23 Dec 2013 12:49 |
Last Modified: | 23 Dec 2013 12:49 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5480 |
Actions (login required)
View Item |