PENINGKATAN KETERAMPILAN MENDRIBLE SEPAK BOLA MELALUI PENERAPAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 163 SELUMA KECAMATAN SUKARAJA KABUPATEN SELUMA

Karman, Karman and Osa, Juarsa and Ari, Sutisyana (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENDRIBLE SEPAK BOLA MELALUI PENERAPAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 163 SELUMA KECAMATAN SUKARAJA KABUPATEN SELUMA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-kar.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (280kB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-kar.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (771kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk Meningkatkan keterampilan mendrible bola dalam permainan sepak bola melalui penerapan lingkungan sebagai sumber belajar. Dengan keterampilan kura-kura kaki bagian dalam, kura-kura kaki penuh, kura-kura bagian luar dan tehnik gerak tipu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian class-room Action research atau penelitian tindakan kelas, dengan setting prosedur penelitian dalam bentuk siklus-siklus yang terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflexion). Penelitian ini menggunakan subjek siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 163 Seluma Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma, sebanyak 16 orang siswa. Hasil penelitian dalam 3 siklus (per-siklus 3 kali pertemuan). Setiap akhir siklus dilakukan tes keterampilan melakukan jenis-jenis drible bola menggunakan lembar penelitian sesuai dengan instrument yang digunakan. Data-data hasil penelitian pada pra-siklus diketahui bahwa sebagian siswa belum mampu melakukan drible bola dengan baik.Setelah dalam pembelajaran menerapkan lingkungan sebagai sumber belajar yaitu lingkungan perkebunan karet. Data pada pra-siklus diketahui nilai rata-rata keterampilan drible bola siswa sebesar 5,61 dengan kualitas “kurang”, setelah siklus ketiga meningkat menjadi 7,91 dengan kualitas “baik”. Berdasarkan penerapan lingkungan sebagai sumber belajar pada pembelajaran drible bola pada permainan sepak bola dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam melakukan jenis-jenis drible bola.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ?? def_phi ??
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 23 Dec 2013 12:57
Last Modified: 23 Dec 2013 12:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5483

Actions (login required)

View Item View Item