PENINGKATAN KECEPATAN DAN KELINCAHAN GERAK DALAM MENGGIRING BOLA PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI METEDE DEMONSTRASI SISWA KELAS V SD NEGERI 69 BENGKULU SELATAN

Marinuin, Marinuin and Syafrial, Syafrial and Agus, Makmurtomo (2013) PENINGKATAN KECEPATAN DAN KELINCAHAN GERAK DALAM MENGGIRING BOLA PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI METEDE DEMONSTRASI SISWA KELAS V SD NEGERI 69 BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-mar.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (720kB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-mar.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (478kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kecepatan dan kelincahan menggiring bola siswa kelas V SD Negeri 69 Bengkulu Selatan dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini dilakukan dengan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut: (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap pengamatan, dan (4) tahap repleksi dan seterusnya sampai perbaikan dan peningkatan dapat tercapai. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas siswa, guru, wawancara,dan tes belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (a) setiap aktivitas siswa pada pembelajaran menggiring bola dengan menggunakan metode pembelajaran demonstrasi, mengalami peningkatan dari setiap siklusnya. Ketuntasan belajar siswa berdasarkan hasil tes akhir, menurut (Standar sekolah) dari 20 siswa, pada siklus I tindakan I terdapat 3 siswa yang tidak tuntas, dan siswa yang tuntas belajarnya dengan jumlah prosentase ketuntasan sebesar 63.90 %, sedangkan kriteria ketuntasan hasil belajar pada siklus I Tindakan II terdapat 1 siswa yang tidak tuntas dari 20 siswa dan siswa yang tuntas belajarnya 19 siswa dengan prosentase ketuntasan sebesar 73,35%. pada siklus II terdapat 1 siswa yang tidak tuntas dari 20 siswa dan siswa yang tuntas belajarnya 19 siswa dengan prosentase ketuntasan sebesar 95%, selanjutnya pada siklus II Tindakan II terdapat 7 siswa yang tidak tuntas dari 20 siswa dan siswa yang tuntas belajarnya 19 siswa dengan prosentase ketuntasan sebesar 73.35%. (b) respon siswa pada pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi pembelajaran sepak bola hasilnya positif,

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ?? def_phi ??
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 23 Dec 2013 15:14
Last Modified: 23 Dec 2013 15:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5536

Actions (login required)

View Item View Item