PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH SISWA KELAS V SDN 67 SELUMA

Marteman , Marteman and Yamani, Komar and Suardi, Jasma (2013) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH SISWA KELAS V SDN 67 SELUMA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-mar.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (520kB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-mar.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (453kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan lompat jauh siswa kelas V SDN 67 Kabupaten Seluma, peningkatan aktivitas guru dalam mengelolah pembelajaran lompat jauh, dan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa pada pembelajaran lompat jauh melalui penerapan metode pembelajaran Drill.Jenis penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas dengan rancangan 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 67 Kabupaten Seluma yang berjumlah 36 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada peningkatan kemampuan siswa dalam melakukan lompat jauh yaitu pada siklus 1 memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 6,58 dengan ketuntasan belajar meningkat pada siklus 2 dengan rata-rata nilai kelas sebesar 7,41 dan ketuntasan belajar klasikal 86,11 % kategori baik, dan (2) ada peningkatan kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran, yaitu pada siklus 1 diperoleh nilai observasi guru sebesar6 kategori belum berhasil dan meningkat di siklus 2 dngan rata-rata 10 dan dinyatakan berhasil, (3) ada peningkatan aktivitas dalam mengikuti pembelajaran lompat jauh, yaitu pada siklus 1 diperoleh nilai observasi siswa sebesar 6 kategori belum berhasil dan meningkat di siklus 2 dengan rata-rata 10 dan dinyatakan berhasil Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Drilldapat meningkatkan pembelajaran lompat jauh dan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru Penjaskes pada siswa kelas V SDN 67 Seluma, serta dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran lompat jauh melalui penerapan metode pembelajaran Drill. Dalam menerapkan metode pembelajaran Drill guru harus mampu menyusun tugas-tugas ajar secara baik, dapat membelajarkan siswa secara aktif sehingga pelaksanaan proses belajar mengajar berjalan secara kondusif.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ?? def_phi ??
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 23 Dec 2013 15:24
Last Modified: 23 Dec 2013 15:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5540

Actions (login required)

View Item View Item