UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE DAN EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BUMI AGUNG

Ngatiem, Ngatiem and Pudji , Hartuti and Afifatus , Sholihah (2013) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE DAN EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BUMI AGUNG. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-nga.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (336kB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-nga.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 20 Tebing Tinggi dalam pembelajaran Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Bumi Agung dengan subyek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Bumi Agung yang berjumlah 21 orang terdiri 11 laki-laki dan 10 perempuan. Fokus penelitian adalah penggunaan model pembelajaran Think Pair and Share dan eksperimen dalam pembelajaran IPA. Jenis penelitlan ini adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus;, setiap siklus menempuh: empat tahapan, meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes berupa observasi dengan indikator keberhasilan yang ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa Peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui model Think Pair and Share dan eksperimen dapat ditingkatkan. Persentase jumlah siswa yang tuntas dari pra siklus, siklus I sampai siklus II berturut-turut adalah : pra siklus sebesar 52,38%, siklus I sebesar 76,16% dan siklus II sebesar 100%. Rata-rata nilai pada pra siklus 62,38, siklus I sebesar 67,38, dan meningkat menjadi 75,95 pada siklus II. Besar Persentase peningkatan hasil belajar setelah diberi tindakan sebesar 14,89%

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ?? def_phi ??
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 24 Dec 2013 10:01
Last Modified: 24 Dec 2013 10:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5695

Actions (login required)

View Item View Item