PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI MANAH RESMI DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER

Purwati, Rita and Pudji , Hartuti and Afifatus , Sholihah (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI MANAH RESMI DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-rit.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (346kB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-rit.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (355kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Manah Resmi dalam pembelajaran IPA dengan subyek penelitian siswa kelas IV SD Manah Resmi yang berjumlah 31 orang terdiri 14 laki-laki dan 17 perempuan. Fokus penelitian adalah penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together dalam pembelajaran IPA. Jenis penelitlan ini adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus;, setiap siklus menempuh: empat tahapan, meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes berupa observasi dengan indikator keberhasilan yang ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa (1) Aktivitas belajar siswa kelas IV SD Manah Resmi mata pelajaran IPA dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Numbered Heads Together, pada siklus I siswa sangat aktif, aktif, cukup aktif dan kurang aktif sebesar 6,45%, 22,58%, 54,84%, 16,13 dan tidak aktif 0%. Pada siklus II siswa sangat aktif meningkat menjadi 58,06%, siswa aktif 35,48%, sedangkan siswa kurang aktif sebesar dan siswa tidak aktif tidak ditemukan lagi. (2) Hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Manah Resmi mata pelajaran IPA dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Numbered Heads Together. Pada pra siklus nilai rata-rata hasil belajar sebesar 60,16, pada siklus I menjadi 68,87, pada siklus II meningkat lagi menjadi 73,74. Besar persentase peningkatan sebelum tindakan dan setelah tindakan adalah sebesar 17,69%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ?? def_phi ??
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 24 Dec 2013 12:24
Last Modified: 24 Dec 2013 12:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5736

Actions (login required)

View Item View Item