PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR, DAN NILAI KARAKTER SISWA (PTK di Kelas V A SD Negeri 81 Kota Bengkulu)

Oktarina, , Jamilah and Victoria , Karjiyati and Lukman, Lukman (2012) PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR, DAN NILAI KARAKTER SISWA (PTK di Kelas V A SD Negeri 81 Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Jamilah Oktarina-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran, hasil belajar, dan nilai karakter siswa pada mata pelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan Open-ended. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Instrumen yang digunakan observasi guru dan siswa, afektif dan psikomotor serta pengembangan karakter. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis hasil penelitian, ditemukan 5 langkah pembelajaran yang menggunakan pendekatan Open-ended, yakni Penjelasan, Memberikan problem, Mengeksplorasi problem, Membuat rangkuman, Melaporkan , Evaluasi. Nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 29 kriteria cukup, pada siklus II meningkat sebesar 36,5 dengan kriteria baik. Pada siklus I rata-rata skor observasi siswa sebesar 28,5 dengan kriteria cukup, siklus II meningkat sebesar 36 dengan kriteria baik. Hasil LDS pada siklus I sebesar 62,5% dengan rata-rata 6,187 pada siklus II meningkat menjadi 100% dengan rata-rata 9,2. Hasil Tes secara klasikal siklus I sebesar 59,3% dengan rata-rata 5,706 pada siklus II meningkat 81,2% dengan rata-rata meningkat menjadi 8,8. Untuk pengamatan afektif siklus I rata-rata 10,3 dan pada siklus II meningkat mencapai 12,7. Demikian pengamatan psikomotor pada siklus I nilai rata-rata 8,6 dan meningkat pada siklus II sebesar 10,06. Sedangkan untuk pengembangan nilai- nilai karakter, karakter tanggung jawab siswa sudah mencapai mulai berkembang dari 21,8 menjadi 78,2%, karakter kerja keras mencapai mulai berkembang dari 12,5% menjadi 78,2%, karakter kritis mencapai mulai berkembang dari 9,4% menjadi 81,2%, karakter kreatif mencapai mulai berkembang dari 22% menjadi 81,2%, karakter rasa ingin tahu mencapai mulai berkembang dari 16% menjadi 78,2%, karakter disiplin mencapai mulai berkembang dari 34% menjadi 81,2%, sedangkan karakter teliti mencapai mulai berkembang dari 9,3% menjadi 75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan pendekatan Open-ended dapat meningkatkan kualitas proses, hasil belajar dalam mengembangkan karakter khususnya siswa kelas V A SD Negeri 81 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 24 Dec 2013 12:30
Last Modified: 24 Dec 2013 12:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5739

Actions (login required)

View Item View Item