Sariyono, Sariyono and Osa, Juarsa and Santun , Sihombing (2013) MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI METODE PENGULANGAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 51 SELUMA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
Text (Thesis)
I,II,III,1-13-sar.fi.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (461kB) |
|
Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-sar.fi.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini yaitu : untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kemampuan melakukan passing bawah permainan bola voli khususnya pada siswa dan siswi Kelas V SDN 51 Seluma, Untuk menemukan prosedur penerapan metode pengulangan yang dapat meningkatkan keterampilan pasing bawah permainan bola voli.Subjek Penelitian ini adalah Action Reseach Yaitu Penelitian Tindakan Kelas V SD Negeri 51 Seluma yang terdiri dari laki – laki yang berjumlah 12 Orang dan Perempuan 8 Orang. Penelitian ini menggunakan rencangan Penelitian Tindakan Kelas ( Clossroom Action Reseach ). Metode yang dilakukan adalah dengan melakukan passing bawah pada permainan bola voli dengan metode pengulangan.Setelah Penelitian selesai dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan prestasi dalam melakukan passing bawah. Hasil rata – rata yang diperoleh pada pra siklus/ sebelum pengulangan adalah 27,4 katagori kurang,pada siklus I hasil rata – rata siswa adalah 30,85 dikatagorikan cukup, sedangkan pada siklus II hasil rata – rata siswa adalah 34,00 masih dikatagorikan cukup, sehingga dilakukan siklus III hasil rata – rata siswa adalah 36,00 dikatagorikan baik. Dari data diatas dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam melakukan passing bawah pada permainan bola voli menjadi lebih baik adanya setelah dilakukan dengan metode pengulangan.Langkah-langkah metode pengulangan yaitu: (1) Membuat rencana pembelajaran,(2) Guru menyampaikan ruang lingkup materi,(3) Guru menyampaikan inti dan tujuan pengulangan,(4) Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan passing bawah secara bergantian,(5)Guru memperagakan atau mendemontrasikan tehnik-tehnik melakukan passing bawah yang benar.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | ?? def_phi ?? |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 24 Dec 2013 12:41 |
Last Modified: | 24 Dec 2013 12:41 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5744 |
Actions (login required)
View Item |