MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PERMAINAN BOLA VOLI DI KELAS V SD NEGERI 37 BENGKULU SELATAN MELALUI METODE TUTORIAL TEMAN SEBAYA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Sukardi, Sukardi and Hartanto, Hartanto and Tono , Sugihartono (2013) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PERMAINAN BOLA VOLI DI KELAS V SD NEGERI 37 BENGKULU SELATAN MELALUI METODE TUTORIAL TEMAN SEBAYA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-suk.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (808kB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-suk.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (632kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui peningkatan prestasi belajar pendidikan jasmani pada siswa kelas V SD Negeri 37 Bengkulu Selatan tahun Pelajaran 2012/2013 setelah diterapkan metode tutorial teman sebaya, (2) Mengetahui motivasi belajar pendidikan jasmani khususnya cabang Bola Voli pada siswa kelas V SD Negeri 37 Bengkulu Selatan tahun Pelajaran 2012/2013 setelah diterapkan metode tutorial teman sebaya. Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan tes. Hasil analisis mencakup kegiatan mengungkapkan kelebihan dan kekurangan kerja siswa dan guru dalam proses belajar-mengajar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: Dari hasil tes yang ada siswa yang memperoleh nilai 6,5 sebanyak 18 orang atau sebesar 81,81% dengan nilai rata-rata 6,89. Ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dari hasil tes tindakan siklus I ke tindakan siklus II yaitu sebesar 15,90% atau sebanyak 4 siswa. indikator keberhasilan dalam penelitian telah tercapai, dalam hal ini minimal 80% siswa telah mencapai nilai 6,5, maka penelitian ini dihentikan pada siklus II. Ini berarti bahwa hipotesis tindakan telah tercapai yaitu melalui pendekatan tutor sebaya dalam proses belajar mengajar, kemampuan siswa dalam pembelajaran bola voli siswa kelas V SD Negeri 37 Bengkulu Selatan dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ?? def_phi ??
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 24 Dec 2013 15:10
Last Modified: 24 Dec 2013 15:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5792

Actions (login required)

View Item View Item