MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERMAIN BOLA BAKAR DENGAN SIMULASI MODEL LANGSUNG PADA SISWA KELAS IV SDN 02 PEMATANG TIGA BENGKULU TENGAH (Penelitian Tindakan Kelas Siswa Kelas IV SDN 02 Pematang Tiga)

Rianto, Sulis and Arwin, Arwin and Izzudin, Izzudin (2013) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERMAIN BOLA BAKAR DENGAN SIMULASI MODEL LANGSUNG PADA SISWA KELAS IV SDN 02 PEMATANG TIGA BENGKULU TENGAH (Penelitian Tindakan Kelas Siswa Kelas IV SDN 02 Pematang Tiga). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-sul.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (495kB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-sul.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (835kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Keterampilan Bermain Bola Bakar Dengan Simulasi Model Langsung Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Pematang Tiga Bengkulu Tengah. Penelitian ini menggunakan metode berupa Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yaitu penelitian tindakan merupakan pengumpulan informasi yang sistematis yang dirancang untuk menghasilkan perubahan sosial. Bogdan & Biklen, 1982 Dalam Burns, (1999). (Kunandar, 2011 : 43). Sebagai subyek penelitian adalah siswa siswi kelas IV SDN 02 Pematang Tiga yang berjumlah 30 0rang dengan komposisi perempuan 16 orang dan laki-laki 14 orang. Pada siklus pertama sebagian siswa belum terbiasa terhadap kondisi belajar dengan simulasi model langsung sehingga dilakukan tindakan dengan memberi penjelasan kepada siswa tentang prinsip-prinsip pembelajaran simulasi model langsung. Di sisi lain guru sebagai kolaborator dalam PTK ini juga belum maksimal dalam mengimplementasikan pembelajaran simulasi model langsung. Dalam siklus kedua siswa dan (kolaborator) sudah mulai memahami implementasi pembelajaran simulasi model langsung dan menunjukan hasil yang cukup memuaskan. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi terhadap guru (kolaborator) dan siswa mulai terbiasa menciptakan suasana pembelajaran yang mengarah pada pendekatan pembelajaran simulasi model langsung. Dari hasil obsevasi, aktivitas siswa meningkat dari 47,50 % menjadi 60,83 % pada siklus kedua dan menjadi 78,54 % pada siklus ketiga. Dari hal pelaksanaan PTK, siklus pertama, kedua dan ketiga, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan simulasi model langsung dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran permainan bola bakar pada siswa kelas IV SDN 02 Pematang Tiga Bengkulu Tengah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ?? def_phi ??
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 24 Dec 2013 15:24
Last Modified: 24 Dec 2013 15:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5798

Actions (login required)

View Item View Item