PENINGKATAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH BOLA VOLI DENGAN PENERAPAN METODE RANGKAIAN BERMAIN (Studi di SD Negeri 04 Ketahun Bengkulu Utara)

Sulistianto , Sulistianto and Alexon, Alexon and Riskan, Riskan (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH BOLA VOLI DENGAN PENERAPAN METODE RANGKAIAN BERMAIN (Studi di SD Negeri 04 Ketahun Bengkulu Utara). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-sul.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-sul.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan keterampilan passing bawah bola voli dengan penerapan metode rangkaian bermain di kelas IV SD Negeri 04 Ketahun Bengkulu Utara. Objek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 04 Ketahun Bengkulu Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian terapan(Apllied Research) dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Prosedur penelitian ini merupakan prosedur daur ulang dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik analisa data yang digunakan adalah menggunakan rumus rata-rata nilai siswa yang diperoleh dari jumlah nilai seluruh siswa dibagi banyaknya siswa dan rata-rata persentase siswa yang diperoleh dari banyaknya hasil passing bawah dibagi waktu yang sudah ditentukan dikali seratus. Dari hasil observasi aktivitas guru dalam pembelajaran memperoleh skor 28 pada siklus pertama menjadi 37 pada siklus kedua dan menjadi 47 pada siklus ketiga. Aktivitas siswa memperoleh skor 23 pada siklus pertama menjadi 35 pada siklus kedua dan menjadi 46 pada siklus ketiga. Kemampuan passing bawah siswa memperoleh ratarata nilai 5,6 pada siklus pertama menjadi 6,2 pada siklus kedua dan menjadi 6,6 pada siklus ketiga. Rata-rata persentase passing bawah siswa adalah 53,17% pada siklus pertama menjadi 63,17% pada siklus kedua dan menjadi 70,00% pada siklus ketiga. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode rangkaian bermain passing bawah dalam permainan bola voli dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemampuan passing bawah siswa kelas IV SD Negeri 04 Ketahun Bengkulu Utara.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ?? def_phi ??
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 24 Dec 2013 15:30
Last Modified: 24 Dec 2013 15:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5799

Actions (login required)

View Item View Item