UPAYA INSTRUKTUR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI WARGA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PADA KURSUS PROGRAM APLIKASI KOMPUTER LPKA DI KOTA BENGKULU

Indrawati, Indrawati and Yayan, Mulyana and Sofino, Sofino (2009) UPAYA INSTRUKTUR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI WARGA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PADA KURSUS PROGRAM APLIKASI KOMPUTER LPKA DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img] Text
I N D R A W A T I FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimanakah motivasi warga belajar dalam mengikuti Kursus Program Aplikasi Komputer. (2) Untuk mengetahui Upaya Tutor Kursus Program Aplikasi Komputer dalam meningkatkan motivasi belajar warga belajar pada LPKA Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif Kuantitatif dengan teknik Pengumpulan data berupa angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah warga belajar Kursus Program Aplikasi Komputer Pada LPKA Kota Bengkulu yang berjumlah 20 orang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa rerata skor motivasi belajar warga belajar pada Kursus Program Aplikasi Komputer Yaitu 59 dengan kategori Cukup. Upaya yang dilakukan oleh tutor adalah memerhatikan kehadiran warga belajar, menjelaskan tujuan, memberikan penghargaan atau pujian, mengetahui hasil pekerjaan, menghubungkan antar materi, menggunakan metode simulasi, pemberian tugas secara individu, menciptakan situasi akademis, memperbanyak simulasi dengan banyak diskusi baik didalam kelas maupun diliuar kelas dan memberi dorongan warga belajar untuk melaksanakan usaha-usaha penemuan atau berbagai percobaan (penyelidikan) untuk menemukan sesuatu yang belum pernah ia coba. Berdasarkan kesimpulan tersebut, kepada tutor bagi warga belajar yang mendapat nilai tinggi diberikan penghargaan atau hadiah-hadiah agar warga belajarnya termotivasi. Kepada tutor diharapkan terus melatih sikap kemandirian warga belajar dalam proses pembelajarannya.Tutor harus berusaha untuk selalu meningkatkan motivasi warga belajar baik didalam proses pembelajaran maupun diluar proses pembelajaran dengan tetap mempertahankan hubungan yang harmonis dengan warga belajar dan setiap tugas yang diberikan secara individu sebaiknya diperiksa kesalahannya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 24 Dec 2013 22:24
Last Modified: 24 Dec 2013 22:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5850

Actions (login required)

View Item View Item