UPAYA PENDIDIK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK PAUD DALAM MENGINGAT KOSAKATA MELALUI AKTIVITAS BERNYANYI ( Studi PTK Pada PAUD Fatonah Kabupaten Kepahiang)

Limawati, Limawati and Asep, Suratman and Sofino, Sofino (2009) UPAYA PENDIDIK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK PAUD DALAM MENGINGAT KOSAKATA MELALUI AKTIVITAS BERNYANYI ( Studi PTK Pada PAUD Fatonah Kabupaten Kepahiang). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img] Text
LIMA WATI FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Lalatar belakang penelitian ini adalah kurangnya daya ingat anak PAUD terhadap kosakata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah aktivitas bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan mengingat kosakata anakj PAUD dalam belajar dan untuk mengetahui apakah dengan bernyanyi anak lebih cepat mengingat kosakata dan untuk mengetahui apakah pendekatan secara individu dan secara kelompok dapat meningkatkan kemampuan anak ntuk mengingat kosakata. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut upayah yang dilakukan adalah pemberian kosakata dengan bernyanyi sebagai alat pembelajran. Desain penlitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan model siklus. Ruang lingkup penelitian ini adalah anak PAUD Fatonah kelompok B. Nyayian dapat berperan sebagai pembangkit fungsi ingatan karena dapat menghubungkan sejarah pengalam hidup seseorang (Monty P Satiadarma dan Roswiyani,2004:13). Melalui aktivitas bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan mengingat kosakata melalui nyanyian anak akan menjadi aktif dan muda untuk mengingat kosakata. Metode penelitian deskriptif kuantitatif,dengan prosedur penelitian dengan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. peneliti adalah instrumen yang utama. Subyek penelitian yang utama adalah anak PAUD FATONAH dan pendidik sebagi subjek pelengkap. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dokumentasi dan lembar observasi. Analisis data mengunakan data tes dengan penilaian secara klasikal, data observasi serta (Alat Penilaian Kemampuan Guru) APKG1 untuk penilaian satuan kegiantan harian (SKH) dan APKG 2 untuk penilaian kegiatn pembelajaran yang dibantu oleh dua orang teman sejawat, sedangkan wawancara dan dokumentasi sebagai pelengkap data. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa melalui aktivitas bernyanyi dapat meningkatkan kemapuan mengingat kosakata anak PAUD baik secara individu maupun secara kelompok, dengan bernyanyi secara aktif anak mudah untuk mengingat kosakata hal ini dapat dilihat dari hasil peningkatan tes yang diberikan berupa nyanyian dan pertanyaan setelah itu diberi penilaian angka. Berupa siklus, pre tes dan pos tes. Adapun hasil dari nilai ratarata anak pada pre tes 62,1 siklus I = 65,7 dengan kategori Sedang, Siklus II = 76,4 dengan kategori Baik, Siklus III = 81,4 dengan kategori Baik, Pos tes = 87.1 dengan kategori Sangat Baik. Jadi melalui aktivitas bernyanyi akan meningkatkan kemampuan anka dalam mengingat kosakata.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 24 Dec 2013 22:27
Last Modified: 24 Dec 2013 22:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5851

Actions (login required)

View Item View Item