UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR MENGGIRING BOLA DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA SISWA SMP NEGERI NO 03 SELUMA

Pahne, Zulkarnain and Sazili, Muchtar and Eko, Swistoro (2013) UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR MENGGIRING BOLA DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA SISWA SMP NEGERI NO 03 SELUMA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan .

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-zul-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (679kB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III-1-13-zul-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas, hasil belajar, dan efektifitas siswa dalam proses pembelajaran Penjaskes melalui media pembelajaran Information and Communication Technologies (ICT) pada kelas VIIIB semester I pokok bahasan menggiring bola di SMP Negeri 03 Seluma tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3)Observasi, (4) Refleksi. Instrument tes yang digunakan adalah lembar tes, lembar observasi, LDS dan angket (data pendukung). Data diolah dengan menggunakan teknik analisis deskriftif yaitu nilai total setiap siswa, nilai rata-rata, persentase daya serap,ketuntasan belajar, rata-rata skor observer dan kuisioner siswa. Berdasarkan analisa dan pembahasan diperoleh hasil bahwa penerapan media pembelajaran Information and Communication Technologies (ICT) ini dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada (1) nilai rata-rata siswa adalah siklus I dengan nilai 70,52, siklus II dengan nilai 76,85 dan siklus III dengan nilai 82,12 (2) daya serap siswa yaitu pada siklus I dengan skor 70,52%, siklus II dengan skor 76,85% dan siklus III dengan skor 82,12% (3) ketuntasan belajar siswa adalah siklus I dengan skor 51,6%, siklus II dengan skor 80,6% dan pada siklus III dengan skor 93,5% (4) aktivitas siswa siklus I dengan skor 17,5 (Cukup), siklus II dengan skor 20,5 (Cukup) dan siklus III dengan skor 26,5 (Baik). Kesimpulan pembelajaran dengan menerapkan media ICT dapat meningkatkan hasil belajar dan efektifitas siswa, disarankan agar guru Penjaskes mencoba menerapkan pembelajaran Penjaskes dengan media ICT sehingga siswa lebih terbiasa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ?? def_phi ??
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 30 Dec 2013 01:08
Last Modified: 30 Dec 2013 01:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5882

Actions (login required)

View Item View Item