ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN MEMILIH PRODUK SYNGENTA ATAU NON SYNGENTA (Kasus pada Petani Sayur di Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong)

Women, Elsi and Nyanyu, Neti Arianti and Basuki , Sigit Priyono (2007) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN MEMILIH PRODUK SYNGENTA ATAU NON SYNGENTA (Kasus pada Petani Sayur di Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong). Undergraduated thesis, Fakultas Pertanian UNIB.

[img] Text
I,II,III-ELS-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (141kB)
[img] Text
IV,V,VI-ELS-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (503kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui alasan konsumen memilih produk Syngenta atau Non Syngenta 2) Untuk mengetahui proporsi penggunaan insektisida, herbisida dan fungisida baik produk Syngenta atau Non Syngenta 3)Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen memilih produk Syngenta atau Non Syngenta. Penelitian ini dilaksanakan dilakukan di Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong. Responden yang diambil sebanyak 100 petani, yang terdiri dari 30 petani pemilih produk Syngenta dan 70 petani pemilih produk Non syngenta. Responden dalam penelitian ini adalah petani sayur yang datang ke retailer untuk membeli pestisida dari Syngenta atau Non Syngenta. Data primer diperoleh melalui pengamatan langsung ke lokasi dan wawancara dengan bantuan pengisian kuisioner. Data sekunder diperoleh dari instansi-instansi terkait, literatur-literatur serta data-data yang berkaitan dengan penelitian lainnya. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk penjelasan atau pembahasan data yang diperoleh yaitu menjelaskan alasan-alasan yang yang mendorong konsumen memilih mengkonsumsi produk Syngenta atau Non Syngenta dan menjelaskan proporsi penggunaan pestisida oleh petani tersebut dan analisis kuantitatif untuk faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen memilih produk syngenta atau Non Syngenta dengan menggunakan model regresi logit. Hasil analisis menunjukkan alasan petani memilih produk Syngenta adalah karena ampuh membasmi OPT, hasil panen bagus, harga terjangkau dan petani banyak pakai. Alasan petani memilih produk Non Syngenta yaitu karena ampuh membasmi OPT, aman digunakan, hasil panen bagus dan petani banyak yang menggunakan. Proporsi Penggunaan produk Syngenta jenis insektisida padat dengan persentase 76,19 % dan insektisida cair 67,57 %, dan proporsi penggunaan fungisida padat sebesar 23,81 % dan fungisida cair sebesar 32,43 %. Proporsi penggunaan produk Non Syngenta sebesar 100 % untuk fungisida padat dan 100 % untuk insektisida cair. Hasil analisis menunjukkan faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen memilih pestisida Snyangenta atau Non Syngenta adalah persepsi petani terhadap produk Syngenta dimana nilai t hitung (3,1248) lebih besar dari nilai t tabel (1,960). Berarti bahwa persepsi petani terhadap produk syngenta mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih produk Syngenta atau Non Syngenta.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: 013 Rizky Septika Utami
Date Deposited: 31 Dec 2013 09:15
Last Modified: 31 Dec 2013 09:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5912

Actions (login required)

View Item View Item