PERBANDINGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN ANTARA SISWA KELAS XI JURUSAN IPA DAN IPS SMA NEGERI 3 BENGKULU TENGAH TAHUN AJARAN 2012/2013

Ariwany, Ade and Didi , Yulistio and Bambang , Djunaidi (2013) PERBANDINGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN ANTARA SISWA KELAS XI JURUSAN IPA DAN IPS SMA NEGERI 3 BENGKULU TENGAH TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-ade.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-ade.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca pemahaman pada aspek harfiah, reorganisasi, dan inferensial. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Bengkulu Tengah pada kelas XI IPA Khusus dan XI IPA 2 serta kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 pada bulan Mei 2013. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data penelitian diperoleh dengan teknik tes objektif. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman yang signifikan antara siswa kelas XI jurusan IPA dan IPS SMA Negeri 3 Bengkulu Tengah tahun ajaran 2012/2013 yaitu t (to) 5 lebih besar dari thitung t (t) dengan db 60 pada taraf signifikansi 5% = 2.000. Dari perhitungan tersebut terdapat perbedaan antara aspek pemahaman harfiah, reorganisasi, dan inferensial yang diperoleh siswa jurusan IPA dan IPS, yaitu kemampuan membaca pemahaman aspek harfiah jurusan IPA dengan persentase 80.2% dan berada pada kategori baik sedangkan jurusan IPS memiliki persentase 70.9% dengan kategori cukup. Kemampuan membaca pemahaman aspek reorganisasi jurusan IPA dengan persentase 62.8% dan berada pada kategori cukup sedangkan jurusan IPS memiliki persentase 45.8% denga kategori kurang. Selanjutnya kemampuan membaca pemahaman aspek inferensial jurusan IPA dengan persentase 76.3% dan berada pada kategori baik sedangkan jurusan IPS memiliki persentase 59.3% dengan kategori kurang. tabel

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 31 Dec 2013 09:55
Last Modified: 31 Dec 2013 09:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5922

Actions (login required)

View Item View Item