PELIBATAN WARGA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PADA PROGRAM PAKET B SETARA SLTP DI PKBM MELATI RAWA MAKMUR PERMAI KOTA BENGKULU

Rizal, Syamsu and Wadin, Wahiruddin and Mulyana, Yayan (2007) PELIBATAN WARGA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PADA PROGRAM PAKET B SETARA SLTP DI PKBM MELATI RAWA MAKMUR PERMAI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-SYA-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (174kB)
[img] Text
IV,V-SYA-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (178kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari masalah bagaimanakah pelibatan warga belajar dalam kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian program kegiatan belajar.dalam pembelajaran pada program paket B setara SLTP di PKBM Melati Rawa Makmur Permai Kota Bengkulu. Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa jauh pelibatan warga belajar dalam perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran pada program paket B setara SLTP di PKBM Melati Rawa Makmur Permai Kota Bengkulu. Penulis berpendapat bahwa masalah pendidikan sangat penting bagi semua orang demi perubahan sikap dan kemajuan ilmu pengetahuan pada masa anak-anak hingga masa dewasa. Program kejar paket B setara SLTP adalah program Pendidikan Luar Sekolah yang dikembengkan untuk memberikan pelayanan pendidikan bagi anak usia 13-15 tahun lulusan Sekolah Dasar (SD) dan yang sederajat yang tidak melanjutkan pendidikan ke SLTP, yang ingin memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap yang setara dengan SLTP, kegiatan belajar membelajarkan merupakan kegiatan utama dalam proses pencapaian tujuan. Oleh karena itu, pelibatan proses pembelajaran pada warga belajar merupakan salah satu faktor yang turut menentukan keberhasilan program kejar paket B. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun populasinya adalah seluruh warga belajar kelas III yaitu sebanyak 20 orang. Semua populasi tersebut diambil sebagai sampel penelitian ini (sampel total). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan studi dokumentasi. Teknik angket digunakan sebagai alat pengumpul data utama. Sedangkan studi dokumentasi sebagai pelengkap untuk memperoleh data dalam penelitian ini. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan persentase pembelajaran. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pelibatan warga belajar dalam kegiatan perencanaan pembelajaran adalah baik, dalam pelaksanaan pembelajaran adalah sedang, dan dalam kegiatan penilkaian pembelajaran masih kurang. Selanjutnya berdasarkan kesimpulan tersebut direkomendasikan sebagai berikut : (1) Agar para tutor tidak mendominasi peran di dalam kegiatan belajar membelajarkan pada program paket B setara SLTP. Akan tetapi tumbuhkan dan tingkatkan partisipasi aktif warga belajar dengan cara menggunakan pendekatan pembelajaran partisipatif, dengan teknik pembelajaran yang sesuai denga tujuan dan bahan belajar. (2) Agar para tutor tidak menggunakan metode ceramah secara tunggal. Mungkin akan lebih baik jika diselingi dengan metode pembelajaran seperti metode tanya jawab, pemberian tugas, dan diskusi. (3) Setelah mengikuti proses pembelajaran pada program paket B ini, hendaknya warga belajar dapat memanfaatkan ilmu yang telah diperolehnya selama ini

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 31 Dec 2013 10:06
Last Modified: 31 Dec 2013 10:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5924

Actions (login required)

View Item View Item