MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PERMAINAN BAHASA PADA SISWA KELAS VIIIC SMP NEGERI 1 KECAMATAN PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH (Penelitian Tindakan Kelas)

Efendi, Lisnia Wati and Amrizal, Amrizal and Padi, Utomo (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PERMAINAN BAHASA PADA SISWA KELAS VIIIC SMP NEGERI 1 KECAMATAN PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH (Penelitian Tindakan Kelas). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-lis.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (922kB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-lis.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (922kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan proses dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Permainan Bahasa pada siswa kelas VIIIc SMP Negeri 1 Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas VIIIc SMP Negeri 1 Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah dengan jumlah siswa 31 orang. Penelitian ini dilakukan dalam 1 siklus, jumlah siswa yang memperoleh nilai 72 ke atas berjumlah 25 orang dengan hasil analisis observasi guru dan siswa pada siklus 1 diperoleh rata-rata skor 26 dengan kreteria baik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi aktivitas siswa dan guru serta tes kemampuan menulis puisi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis proses pembelajaran dari data observasi secara kualitatif. Kesimpulan Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan model Permainan Bahasa dalam menulis puisi di kelas VIIIc SMP Negeri 1 Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah berdasarkan analisis hasil observasi terhadap aktivitas guru dan siswa pada siklus I diperoleh rata-rata skor 26 dengan kriteria baik Dari hasil observasi ini diketahui bahwa pada saat guru menjelaskan materi di depan kelas, perhatian siswa pada pelajaran sangat antusias dan aktif, hal ini terlihat dari partisipasi mereka menyimak dan mencatat materi yang telah dijelaskan serta melakukan kegiatan bertanya jawab dengan guru.Dilihat dari hasil wawancara yang dilakukan peneliti terhadap guru, peneliti mendapatkan informasi data hasil siswa kelas VIII tahun ajaran 2011-2012 dengan nilai rata-rata 73, setelah penelitian tindakan kelas dilakukan ternyata model Permainan Bahasa ini mampu dan berhasil meningkatkan hasil belajar menulis puisi siswa kelas VIIIc dengan nilai rata-rata menjadi 77,64.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 31 Dec 2013 10:24
Last Modified: 31 Dec 2013 10:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5938

Actions (login required)

View Item View Item