KINERJA TUTOR PROGRAM PAKET B SETARA SLTP DI KABUPATEN REJANG LEBONG

Handayani, Rerin and Zulkarnain, Rufran and Muchtar, Sazili (2007) KINERJA TUTOR PROGRAM PAKET B SETARA SLTP DI KABUPATEN REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-RER-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (673kB)
[img] Text
IV,V-RER-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (673kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum Kinerja Tutor Program Paket Paket B setara SLTP di Kabupaten Rejang Lebong, Untuk mengetahui perbedaan antara Kinerja Tutor Program Paket B setara SLTP pada tahapan sebelum PBM, selama proses PBM dan setelah proses PBM. Data primer diperoleh dari responden melalui angket tertutup sedangkan data sekunder didapatkan dari observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif kuantitatif. Untuk melihat gambaran umum kinerja tutor program paket B setara SLTP maka dilakukan uji beda terhadap rata-rata hitung kinerja tutor program paket B setara SLTP pada tahapan sebelum proses belajar mengajar, tahapan selama proses belajar mengajar dan tahapan setelah proses belajar mengajar. Hasil ujibeda terhadap rata-rata kinerja tutor program paket B setara SLTP di Kabupaten Rejang Lebong menunjukan tidak ada perbedaan, secara keseluruhan kinerja tutor program paket B setara SLTP adalah 6.5 nilai B dengan kualifikasi baik rincian komponen pada tahapan sebelum proses belajar megajar sebesar 7.9 yang berarti nilai A dengan kualifikasi sangat baik, tahapan selama proses belajar mengajar sebesar 7.9 yang artinya A dengan kualifikasi sangat baik dan tahapan setelah proses belajar mengajar sebesar 7.8 yang artinya A dengan kualifikasi amat baik. Hasil perhitungan statistik dengan menggunakan ujibeda F diperoleh F hitung 0,02 sedangkan F hitung tabel vii 3.17 jadi F < F hitung tabel, berarti H 0 diterima bahwa : tidak ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata kinerja tutor program paket B setara SLTP pada tahapan sebelum proses belajar mengajar, tahapan selama proses belajar mengajar dan pada tahapan setelah proses belajar mengajar di Kabupaten Rejang Lebong. Saran yang disampaikan dalam penelitian ini : (1) Diharapkan kepada Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Rejang Lebong dimana Penilik Dikmas untuk terus mempertahankan konsistensi Kinerja Tutor dan bahkan bisa meningkatkan lagi Kinerja Tutor dikabupaten Rejang Lebong guna mencapai cita-cita yang diamanatkan oleh Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945 pada pembukaan alinea ke-4 (empat) “...mencerdaskan kehidupan bangsa...”. (2) Diharapkan kepada Tutor di Kabupaten Rejang Lebong untuk tetap mempertahankan Kinerjanya dan tidak menutup diri untuk mengembangkan potensi diri dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Nasional baik didalam maupun diluar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 31 Dec 2013 10:51
Last Modified: 31 Dec 2013 10:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5946

Actions (login required)

View Item View Item