STRATEGI PEMASARAN DURIAN PADA USAHA AGROWISATA “ WARSO FARM” DI DESA CIHIDEUNG KECAMATAN CIJERUK KABUPATEN BOGOR PROVINSI JAWA BARAT

Sabrina, Adellya and Redy , Badrudin and Agus , Purwoko (2013) STRATEGI PEMASARAN DURIAN PADA USAHA AGROWISATA “ WARSO FARM” DI DESA CIHIDEUNG KECAMATAN CIJERUK KABUPATEN BOGOR PROVINSI JAWA BARAT. Undergraduated thesis, Fakultas Pertanian UNIB.

[img] Text (Thesis)
DaftPustaka-Adellya Sabrina-FP-2013.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (30MB)
[img] Text (Thesis)
Bab I-II-Adellya Sabrina-FP-2013.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (30MB)
[img] Text (Thesis)
Bab III-IV-V-VI-Adellya Sabrina-FP-2013.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (30MB)

Abstract

Warso Farm merupakan pelopor usaha agrowisata durian yang pertama di Indonesia menjual buah durian segar dengan berbagai jenis. Disini para pengunjung dapat menikmati langsung buah durian segar yang jatuh dari pohon sambil berwisata keluarga di kebunnya. Usaha ini berdiri sejak tahun 2000an berlokasi di Desa Cihideung Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor Propinsi Jawa Barat Warso Farm di Buka setiap hari Sabtu dan Minggu mulai pukul 07.00 s.d 17.00 wib. Luas usaha Warso Farm ± 7 Ha. Berbagai varietas buah durian unggul asal local maupun luar negeri yang ditanam di Warso Farm. Kurang lebih ada 900 tanaman durian dari 7 varietas unggulan seperti Petruk, Lay, Monthong, Sunan, Tembaga, Si Mas, Sitokong dan lain sebagainya. Pengaruh perubahan eksternal akan menyebabkan adanya peluang dan ancaman, sementara lingkungan internal menyebabkan perusahaan memiliki kekuatan dan kelemahan. Dengan demikian, setiap usaha / perusahaan dituntut untuk mempunyai strategi pemasaran yang dapat memanfaatkan kekuatan dan peluang untuk mengatasi kelamahan dan ancaman, baik pada saat sekarang maupun masa yang akan datang sehingga dapat menciptakan costumer value dan keunggulan dalam bersaing. Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mengkaji dan menganalisis lingkungan internal dan eksternal Usaha Agrowisata Warso Farm yang meliputi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. 2). Untuk mengkaji formulasi pilihan alternatif strategi pemasaran bagi Usaha Agrowisata Warso Farm. Hasil penelitian yang didapat adalah bahwa kekuatan dari WF adalah memiliki banyak varietas tanaman durian dan produk durian, pangsa pasar yang cukup besar dan SDM berkualitas, kelemahan WF adalah manajemen perusahaan yang ditangani satu orang dan kapasitas produksi terbatas. Peluang WF adanya loyalitas konsumen terhadap WF dan kecenderungan masyarakat berwisata pendidikan, untuk ancaman WF adalah tingkat persaingan usaha dan pendapatan masyarakat yang tidak stabil. Pilihan alternatif formulasi strategi yang dapat dipilih oleh pihak WF untuk diterapkan dalam usahanya adalah Grow and build (tumbuh dan berkembang) dari matriks IE (internal-eksternal) dimana dalam strategi ini menggunakan strategi intensif melakukan pengembangan pasar yaitu dengan pengenalan produk WF yang sudah ada ke wilayah-wilayah geografis yang baru. Perluas segmentasi pasar dengan memberikan tawaran harga yang menarik, melakukan pengembangan produk, menambah kegiatan wisata pendidikan dalam kawasan WF, meningkatkan produk dan pelayanan sehingga dapat meningkatkan loyalitas pengunjung. Dan dari analisis matriks SWOT strategi yang dapat dipilih adalah strategi SO (strengthopportunity) atau strategi dengan menggunakan kekuatan perusahaan dengan memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang tepat untuk dilaksanakan oleh pihak warso dengan berpedoman pada strategi SO adalah Meningkatkan mutu pelayanan dan menjaga hubungan baik dengan pihak-pihak yang terkait (stakeholders), Meningkatkan promosi keunggulan produk dan wisata pendidikan WF, Pengembangan produk untuk mengikuti selera pasar, seperti pengembangan produk buah durian menjadi produk olahan yang meningkatkan nilai tambah misalnya dodol durian, minum berbahan dasar durian, serabi durian dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 22 Sep 2013 22:25
Last Modified: 23 Sep 2013 15:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/595

Actions (login required)

View Item View Item