An Analysis of Figures of Speech on Selected Poems in Macmillan Textbook Series in the Period of 1989-1990

Afriadi, Rahmad and Barnabas , Sembiring and Muhrizal, Muhrizal (2013) An Analysis of Figures of Speech on Selected Poems in Macmillan Textbook Series in the Period of 1989-1990. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-rah.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-rah.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian kuantitatif-deskriptif ini adalah untuk mengetahui persentasepenggunaan majas-majas dan majas yang paling dominan pada puisi-puisi pilihan di seri buku teks Macmillan pada periode 1989-1990. Data penelitian ini diperoleh darienam buku teks, yaitu Bit by Bit, Changes, Reach Out, Blueprints, LoftyAchievements, and Noble Pursuits. Instrumen yang digunakan dalam penelitian iniadalah tabel analisis. Data penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus persentase dari Hatch and Farhady. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)persentase penggunaan majas pada puisi-puisi pilihan di seri buku teks Macmillanadalah metafora (43.5%), personifikasi (35.7%), simile (8.7%), metonimia (7.8%),and sinekdoke (4.3%); 2) majas yang paling dominan digunakan pada puisi-puisipilihan di seri buku teks Macmillan adalah metafora. Dapat disimpulkan bahwakebanyakan penyair di seri buku teks ini cenderung menggunakan metafora daripada majas-majas lain di dalam karya-karya puitisnya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 31 Dec 2013 11:23
Last Modified: 31 Dec 2013 11:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5959

Actions (login required)

View Item View Item