Panjaitan, Antonius and Nirwana, Nirwana and Andik , Purwanto (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN MEDIA SIMULASI PADA KONSEP ALAT OPTIK KELAS VIII.A SMPN 12 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
Text (Thesis)
I,II,III,3-13-ant.FI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
|
Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-ant.FI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipeningkatan aktivitas belajar siswa danpeningkatan hasil belajar fisika pada konsep ”Alat Optik”. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tiga siklus.Data dianalisis secara deskriptif untuk menentukan nilai rata-rata, daya serap (%) dan ketuntasan belajar (%). Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 30 siklus II 34 dan siklus III 38. Hasil penelitian menunjukan hasil belajar pada (a) siklus I: pemahaman konsep: nilai rata-rata kelas 71,78; daya serap 71,78%; dan ketuntasan belajar 70%; (b) siklus II: pemahaman konsep: nilai ratarata kelas 75,33; daya serap 75,33% dan ketuntasan belajar 83,33% (c) siklus III: pemahaman konsep: nilai rata-rata kelas 78,15; daya serap 78,15% dan ketuntasan belajar 90%.Pembelajaran denganmenerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dangan media simulasi pada konsep alat optik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII.A SMP Negeri 12 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 31 Dec 2013 12:03 |
Last Modified: | 31 Dec 2013 12:03 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5971 |
Actions (login required)
View Item |