UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA MATERI CAHAYA DI KELAS VIII SMP N 15 KOTA BENGKULU B

Ardiyanto, Heru and Rosane, Medriati and Dedy, Hamdani (2013) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA MATERI CAHAYA DI KELAS VIII SMP N 15 KOTA BENGKULU B. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-her.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-her.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Upaya Meningkatkan Aktitas Dan Hasil Belajar Fisika Dengan Model Pembelajaran problem based instruction (PBI) Melalui Metode Eksperimen Pada Materi Cahaya di Kelas VIII SMP N 15 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada konsep Pemantulan cahaya. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIBB yang berjumlah 33 orang. Data yang diperoleh dari tes dan lembar observasi dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Penelitian ini dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata skor sebesar 38 dalam kategori baik, siklus II sebesar 42 dalam kategori baik, dan siklus III sebesar 46 dalam kategori baik. Hasil belajar siswa dalam aspek pemahaman konsep pada siklus I diperoleh daya serap siswa sebesar 73,53% dan ketuntasan belajar sebesar 88% ( tuntas); pada siklus II diperoleh daya serap siswa sebesar 76,99% dan ketuntasan belajar sebesar 94% (tuntas), dan pada siklus III diperoleh daya serap siswa sebesar 85,39% dan ketuntasan belajar sebesar 97% (tuntas).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 31 Dec 2013 12:07
Last Modified: 31 Dec 2013 12:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5972

Actions (login required)

View Item View Item