PENGEMBANGAN KREATIFITAS ANAK PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) PELITA HATI KOTA BENGKULU

Dini, Rio and Abdullah , Ilham and Mulyana, Yayan (2007) PENGEMBANGAN KREATIFITAS ANAK PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) PELITA HATI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-RIO-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (621kB)
[img] Text
IV,V-RIO-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (665kB)

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimanakah upaya yang dilakukan oleh tutor dalam mengembangkan kreatifitas anak pada PAUD Pelita Hati Kota Bengkulu. Untuk menjawab permasalahan penelitian, digunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis deskriptif agar diperoleh gambaran tentang suatu keadaan yang sedang berlangsung pada saat ini. Sasaran penelitian adalah para tutor yang melakukan pengembangan kreatifitas terhadap anak usia dini. Informan penelitian diambil berdasarkan teknik snowball sampling, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh tutor dalam meningkatkan minat dan perhatian anak dalam belajar yaitu dengan cara memberikan/menjelaskan pelajaran semenarik mungkin, mengadakan variasi dalam mengajar, memberikan pengarahan kepada anak, dan menggunakan media dalam mengajar. Upaya yang dilakukan oleh tutor dalam meningkat motivasi anak dalam belajar yaitu dengan cara: memberikan lelucon, memberikan penguatan, memberikan pujian, memberikan reward (hadiah), dan mengenalkan tema pelajaran yang akan dibahas. Upaya yang dilakukan oleh tutor dalam memupuk dan mengembangkan bakat anak dalam belajar yaitu dengan cara: mengenal bakat anak, mengikutsertakan anak ke dalam suatu perlombaan tingkat PAUD se-Kota Bengkulu, menyediakan sarana/alat-alat yang dapat merangsang perkembangan bakat anak, membimbing anak sesuai dengan bakatnya, menjalin kerja sama dengan orang tua anak, serta memberikan kegiatan pembelajaran yang dapat merangsang perkembangan bakat anak. Upaya yang dilakukan oleh tutor dalam mendorong kegiatan berpikir anak dalam belajar yaitu dengan cara membiasakan anak melakukan komunikasi aktif, memberikan tugas, mengenalkan tema pelajaran yang akan dibahas, dan menggunakan metode bermain kreatif dalam kegiatan pembelajaran. Dalam mengembangkan kreatifitas anak, tutor PAUD Pelita Hati hendaknya terus dapat meningkatkan upaya-upaya yang dapat membantu dalam proses pengembangan kreatifitas anak. Apabila upaya yang dilakukan oleh tutor tersebut tidak ditingkatkan, maka kreatifitas anak tidak dapat berkembang dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 31 Dec 2013 12:38
Last Modified: 31 Dec 2013 12:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5980

Actions (login required)

View Item View Item