Putri, Ultari mandini and Riyanto, Riyanto and sofino, sofino (2007) EVALUASI PELAKSANAAN PANDUAN PENGEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA DINI (Studi Kasus PAUD “SEDASEN” Jl. A Yani No 2A, Kecamatan Curup, Kabupaten Rejang Lebong). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
I,II,III-ULT-FKIP.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (279kB) |
|
Text
IV,V-ULT-FKIP.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (174kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran pelaksanaan panduan pengembangan anak usia dini pada lembaga PAUD SEDASEN. Penelitian ini dilakukan di lembaga PAUD SEDASEN. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data dikumpul, lalu diolah dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah menu pembelajaran di lemdaga PAUD SEDASEN dan yang menjadi fokus penelitiannya adalah aspek pengembangan sosial-emosional. Kehomogenan dari subjek penelitian menyebabkan tidak digunakannya metode dalam pengembilan sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada lembaga PAUD SEDASEN pelaksanaan dari panduan pengembangan sosial-emosional anak usia dini telah disesuaikan pelaksanaannya pada tahun ajaran 2006/2007 dengan standardisasi yang dirumuskan dan ditetapkan oleh Dirjen PLS dan Pemuda. Hal ini ditunjukkan pada pelaksanaan indikator standardisasi sesuai dengan indikator komponen yang dinilai yang dirumuskan oleh Depdiknas tahun 1999 dan diperbaharui pada tahun 2006, yaitu telah terlaksananya 8 indikator aspek pengembangan sosial-emosional anak usia dini dari 16 indikator yang ada. Indikator tersebut adalah mematuhi etiket makan dan jadwal makan teratur, bermain bersama dan bergantian menggunakan alat permainan, terbiasa menggunakan wc/toilet, dapat memilih kegiatan sendiri, menunjukkan ekspresi wajar saat marah, sedih, takut dsb, sabar menunggu giliran atau terbiasa antri, menjaga kerapian diri (berdandan sendiri), dan mulai mengerti aturan main dalam game/ permainan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa di lembaga PAUD SEDASEN tersebut dalam pelaksanaan indikator panduan pengembangan sosialemosional di pengaruhi oleh beberapa faktor yang meliputi faktor penghambat dan faktor pendukung. Faktor penghambat meliputi latar belakang tenaga pendidik yang belum memenuhi kualifikasi standar tenaga pendidik. Selain itu sarana dan prasarana dalam menunjang proses pembelajaran juga kurang. Sedangkan faktor pendukung meliputi metode dan pendekatan yang digunakan telah disesuaikan dengan kebutuhan, baik itu kebutuhan peserta didik maupun kebutuhan lembaga dan kemampuan tenaga pendidik.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Non-formal Education |
Depositing User: | Miss Goklasni Manullang |
Date Deposited: | 31 Dec 2013 12:56 |
Last Modified: | 31 Dec 2013 12:56 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5983 |
Actions (login required)
View Item |