UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN AWAL, HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS PRA PEMBELAJARAN BERUPA RINGKASAN PADA POKOK BAHASAN REAKSI REDOKS DI KELAS Xe SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU (Classroom Action Research)

Susanti, Sangkut and Sumpono, Sumpono and Elvinawati , Elvinawati (2007) UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN AWAL, HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS PRA PEMBELAJARAN BERUPA RINGKASAN PADA POKOK BAHASAN REAKSI REDOKS DI KELAS Xe SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU (Classroom Action Research). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-SAN-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (851kB)
[img] Text
IV,V-SAN-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (851kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Bengkulu tahun ajaran 2006/2007, dengan tujuan untuk 1) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan reaksi redoks di kelas XE SMA Negeri 6 Kota Bengkulu tahun ajaran 2006/2007 dan 2) mengetahui keaktifan siswa selama proses belajar mengajar berlangsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tiga siklus dan data yang diperoleh tiap siklus dianalisis untuk menentukan tindakan perbaikan pada siklus selanjutnya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, dan lembar observasi (guru dan siswa). Data tes dianalisis secara deskriptif dengan menentukan nilai rata-rata kelas, daya serap klasikal dan menentukan ketuntasan belajar. Sedangkan data observasi dianalisis dengan menggunakan rumus rata skor dan interval skor . Dari hasil analisa data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa metode pemberian tugas pra pembelajaran berupa ringkasan materi dapat meningkatkan pengetahuan awal,hasil dan aktivitas siswa pada pokok bahasan reaksi redoks. Ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 63,84 pada siklus II 67,46 dan pada siklus III 987,1. Daya serap pada siklus I sebesar 63,84 %, siklus II 67,46% dan siklus III 89.7 %.Ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 43,5%, siklus II 64,71% dan siklus III 89,7%. Pada siklus I skor aktivitas sebesar 17 (kriteria cukup), siklus II 22 (kriteria baik), siklus III 26 (kriteria baik).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 31 Dec 2013 13:47
Last Modified: 31 Dec 2013 13:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5990

Actions (login required)

View Item View Item