MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DINI DENGAN METODE BERCERITA DAN MEDIA FLIPCHART DI TK RABBI RADHIYYA KABUPATEN REJANG LEBONG

Ariani , Desi and Nurman, Syam and Delrefi, Delrefi (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DINI DENGAN METODE BERCERITA DAN MEDIA FLIPCHART DI TK RABBI RADHIYYA KABUPATEN REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-des.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-des.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Membaca adalah salah satu pelajaran yang diberikan di TK RA namun masih bersifat pengenalan atau masih dasar. Pedoman kegiatan belajar mengajar sebagai upaya pengembangan pembentukan perilaku dan pengembangan kemampuan dasar anak didik, melalui pendekatan bermain sambil belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan membaca dini pada anak RA Rabbi Radhiyya Kabupaten Rejang Lebong ? sedangkan tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca dini anak melalui penggunaan Metode Bercerita dengan Media Flipchart pada sub tema alat komunikasi dan alam semesta pada anak RA Rabbi Radhiyya Kabupaten Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas terdiri dari 2 siklus. Tehnik Analisa data yang digunakan adalah kwantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Sentra Bahasa TK RA Rabbi Radhiyya Kabupaten Rejang Lebong dengan contoh penelitian berjumlah 30 orang anak, semuanya anak laki-laki. Adapun instrumen penelitian ini adalah observasi, hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan pada siklus I anak yang mengenal huruf 47% (14 orang), anak yang membedakan huruf 50% (15 orang), anak yang merangkai huruf 57% (17 orang). Pada siklus II anak yang mengenal huruf 77% (23 orang), anak yang membedakan huruf 83% (25 orang), anak yang merangkai huruf 93% (28 orang) Penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan Metode Bercerita dan Media Flipchart dapat meningkatkan kemampuan membaca anak RA Rabbi Radhiyya Kabupaten Rejang Lebong.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 31 Dec 2013 14:28
Last Modified: 31 Dec 2013 14:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5995

Actions (login required)

View Item View Item