MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE KARYAWISATA PADA ANAK KELOMPOK B TK PELITA PLTA TES

Natalia, Nora and Puspa , Djuwita and Sri , Saparahayuningsih (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE KARYAWISATA PADA ANAK KELOMPOK B TK PELITA PLTA TES. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-nor.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-nor.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini meningkatkan perkembangan bahasa anak melalui metode karyawisata pada kelompok B TK Pelita PLTA Tes. Subjek penelitian ini yaitu kelompok B TK Pelita PLTA Tes yang berjumlah 14 anak yang terdiri dari 9 anak laki – laki dan 5 anak perempuan. Penelitian ini menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan kegiatan, evaluasi dan refleksi terhadap tindakan. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan hasil yang baik. Hal ini didukung dengan adanya data sebagai berikut : pada siklus satu Anak sudah dapat berbahasa dengan baik dan benar (dapat Menyimak dan mendengar pembelajaran yang disampaikan guru, dapat menyebutkan Kosa kata dengan benar dan dapat bercerita dengan bahasa sendiri ) hasilnya 36 % yang mendapat kriteria baik. Pada siklus kedua anak sudah dapat berbahasa dengan baik dan benar dengan hasil 79 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode karyawisata dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak di TK Pelita PLTA Tes.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 31 Dec 2013 15:54
Last Modified: 31 Dec 2013 15:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6002

Actions (login required)

View Item View Item