Sumarsah, Sumarsah and Norman, Syam and Wembrayarli, Wembrayarli (2013) MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK MELALUI METODE BERMAIN ANGKA DI KELOMPOK B1 PAUD PEMBINA SELUPU REJANG. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-sum.FI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (19MB) |
|
Text (Thesis)
I,II,III,3-13-sum.FI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (19MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena adanya masalah kurangnya minat belajar anak pada pelajaran berhitung angka, kurangnya guru dalam memvariasikan metode dan media pembelajaran, fokus pelajaran ada pada guru, sedikitnya guru yang memahami prinsip permainan dalam pembelajaran di PAUD. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kecerdasan Logika matematika anak melalui metode bermain angka di PAUD Pembina Selupu Rejang. Metodelogi penelitian ini mengunakan Penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan dua siklus yang setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, monitoring dan evaluasi dan refleksi terhadap tindakan. Subjek penelitian ini yaitu kelompok B1 Paud Pembina Selupu Rejang berjumlah 25 anak yang terdiri dari 15 anak perempuan dan 10 anak laki-laki. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan data yang baik. Hal ini didukung dengan diperolehnya data sebagai berikut: 1) Anak dapat mengenal angka, siklus satu 32% dan siklus dua 88% 2) Anak dapat menulis dan mengurutkan angka siklus satu 28% dan siklus dua 84% 3) Anak dapat mengenal penjumlahan pada siklus satu 36% dan siklus dua 80% 4) anak dapat mengenal pengurangan pada siklus satu 36% dan pada siklus dua 80%. Hasil penelitian menunjukkan dalam bermain angka dapat meningkatkan kecerdasan logika matematika anak di kelompok B1 PAUD Pembina Selupu Rejang, hal ini terlihat pada hata-rata aspek kemampuan belajar anak pada siklus satu mencapai 33% dan di siklus ke dua meningkat menjadi 83%.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 01 Jan 2014 01:54 |
Last Modified: | 01 Jan 2014 23:26 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6010 |
Actions (login required)
View Item |