Ardilla, Tiya and Sri , Dadi and Herman , Lusa (2013) PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME MELALUI MEDIA INFORMATION and COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, HASIL BELAJAR DAN MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
Text (Thesis)
I,II,III,3-13-tiy.FI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
|
Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-tiy.FI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas, hasil belajar mengembangkan karakter siswa pada pembelajaran IPS. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VC SDN 05 Kota Bengkulu yang berjumlah 30 orang. Instrument penelitian ini menggunakan lembar observasi dan lembar tes. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes dengan tekhnik analisis data observasi, data hasil belajar dan peniliaian karakter. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Aktivitas pembelajaran; (a) Aktivitas guru siklus I diperoleh rata-rata 37,25 katagori “Cukup”, meningkat siklus II sebesar 46,75 katagori “Baik”, (b) Aktivitas siswa siklus I diperoleh rata-rata 33,5 katagori “Cukup”, meningkat siklus II sebesar 46 katagori “Baik”. (2) Hasil belajar; (a) Kognitif dilihat dari nilai LDS pada siklus I rata-rata kelas sebesar 68 dengan ketuntasan belajar klasikal 60% dan meningkat pada siklus II sebesar 79,5 dengan ketuntasan belajar klasikal 100% , adapun untuk hasil tes pada siklus I diperoleh rata-rata nilai tes siklus I sebesar 66,3 ketuntasan belajar 70% meningkat siklus II sebesar 71,28 ketuntasan belajar 83,3%, (b) Afektif siklus I diperoleh 11 orang siswa katagori “Baik”, meningkat siklus II diperoleh 20 orang siswa katagori “Baik”, (c) Psikomotor siklus I dengan 15 orang siswa katagori “Baik”, meningkat siklus II diperoleh 26 orang siswa katagori “Baik”. (3) Pengembangan karakter katagori “Membudaya Secara Konsisten” menunjukkan hasil sebagai berikut: (1) nilai disiplin pada siklus I dengan perolehan sebesar 18,3% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 26,7%. (2) nilai rasa ingin tahu pada siklus I dengan perolehan sebesar 30% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 38,3%. (3) nilai kreatif pada siklus I dengan perolehan sebesar 28,4% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 30%. (4) nilai demokrasi pada siklus I dengan perolehan sebesar 33,3% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 38,4%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan konstruktivisme melalui media Information and Communication Technology (ICT) dapat meningkatkan aktivitas, hasil belajar dan mengembangkan karakter khususnya siswa kelas VC SDN 05 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 01 Jan 2014 02:03 |
Last Modified: | 01 Jan 2014 23:27 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6011 |
Actions (login required)
View Item |