MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA ANAK MELALUI METODE BERMAIN KARTU VARIATIF DI PAUD KEMALA BHAYANGKARI NO 27 CURUP KABUPATEN REJANG LEBONG

Putri, Yessi Arimbi and I Wayan , Dharmayana and Norman, Syam (2013) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA ANAK MELALUI METODE BERMAIN KARTU VARIATIF DI PAUD KEMALA BHAYANGKARI NO 27 CURUP KABUPATEN REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-yes.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (19MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-yes.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena timbulnya masalah masih banyak anak yang belum mengenal huruf, rendahnya keingin tahuan anak terhadap huruf-huruf, kurangnya guru dalam mengunakan media pembelajaran dan memvariasikan metode. anak hanya menerima apa yang diberikan guru tanpa aktifitas yang berarti . Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan membaca anak melalui metode bermain kartu variatif di PAUD Kemala Bhayangkari. Metodelogi penelitian ini mengunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini yaitu kelompok B1 Paud Kemala Bhayangkari berjumlah 23 anak yang terdiri dari 12 anak perempuan dan 11 anak laki-laki. Penelitian ini menggunakan dua siklus yang setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, monitoring dan evaluasi dan refleksi terhadap tindakan. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan data yang baik. Hal ini didukung dengan diperolehnya data sebagai berikut: 1) Respon keaktifan anak dalam permaiann Anak yang terlihar senang dan antusias 2)Aspek kemampuan ketrampilan membaca dalam indicator mengena huruf 54,5%, siklus satu dan siklus dua 87%, kemampuan menmghubungkan suku kata awal dengan gambar/benda, siklus satu 43,5% siklus dua 87%, kemampuan mengubungkann suku kata akhir 43% di siklus satu dan 87% disiklus dua srta kemampuan menyusun huruf menjadi kata, siklus satu 34,5% dan siklus dua 82,6%. Hasil penelitian menunjukkan dalam bermain variatif dapat meningkatkan ketrampilan membaca anak di PAUD Kemala Bhayangkari.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 01 Jan 2014 02:27
Last Modified: 01 Jan 2014 23:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6012

Actions (login required)

View Item View Item