UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI BACAAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN TEKNIK SCRAMBLE

Yulianti, Agustini Retmi and Daimun , Hambali and Ansyori , Gunawan (2013) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI BACAAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN TEKNIK SCRAMBLE. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-agu.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-agu.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran bahasa Indonesia dan kemampuan memahami isi bacaan siswa kelas 5A SDN 45 Kota Bengkulu melalui penerapan model pembelajaran Cooperative tipe CIRC dengan teknik Scramble. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ialah guru dan siswa kelas 5A SDN 45. Instrumen yang digunakan yakni lembar observasi dan tes.Teknik pengumpulan data penelitian ini, yaitu lembar observasi guru, observasi siswa, lembar tes kognitif, lembar penilaian afektif dan penilaian psikomotor.Data observasi dianalisis melalui rata-rata skor, data tes kognitif dianalisis melalui rata-rata nilai dan persentase ketuntasan klasikal, sedangkan data tes afektif dan psikomotor dianalisis dengan mencari rata-rata skor. Hasil analisis meliputi: (1) aktivitas pembelajaran; (a) aktivitas guru siklus I diperoleh rata-rata 34 kategori cukup, meningkat pada siklus II menjadi 40 kategori baik, (b) aktivitas siswa siklus I diperoleh rata-rata 32 kategori cukup, meningkat pada siklus II menjadi 40 kategori baik. (2) hasil belajar ; (a) kognitif: rata-rata nilai tes siklus I sebesar 65,9 ketuntasan belajar 67,85%, meningkat pada siklus II menjadi 73,27 dengan ketuntasan belajar 85,71%, (b) jumlah rata-rata penilaian dari setiap aspek afektif siklus I adalah 8,535 meningkat pada siklus II menjadi 12,96, (c) jumlah rata-rata penilaian darri setiap aspek psikomotor siklus I adalah 6,892, meningkat pada siklus II menjadi 7,344. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative tipe CIRC dengan teknik Scramble dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan siswa memahami isi bacaan pada kelas 5A SDN 45 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 02 Jan 2014 12:24
Last Modified: 02 Jan 2014 12:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6040

Actions (login required)

View Item View Item