PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI (GRUP INVESTIGATION) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CHARTA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ANAK DIDIK MELAKUKAN HANSTAND PADA PEMBELAJARAN PENJASKES DI KELAS V SDN 49 BENGKULU SELATAN

Likus, Likus and Arwin, Arwin and Yarmani, Yarmani (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI (GRUP INVESTIGATION) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CHARTA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ANAK DIDIK MELAKUKAN HANSTAND PADA PEMBELAJARAN PENJASKES DI KELAS V SDN 49 BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-luk.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (23MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-luk.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (23MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran kooperatif dengan menggunakan media charta dapat meningkatkan keterampilan anak didik melakukan handstand di kelas V SD Negeri 49 Bengkulu Selatan. Skripsi ini merupakan Karya Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan dua siklus. Yang dijadikan subyek dalam penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 49 Bengkulu Selatan semester 2 tahun ajaran 2012/2013. Hasil penelitian pada PTK ini adalah bahwa penerapan pembelajaran kooperatife tipe GI ( Grup Investigation ) dengan menggunakan media charta dapat meningkatkan keterampilan anak didik melakukan hanstand pada pembelajaran penjaskes di kelas V SDN 49 Bengkulu Selatan. Hal ini bisa dilihat dari peningkatan kemampuan melakukan handstand ( yaitu rata-rata pada pra-siklus dari 3,3 menjadi 75.81 pada siklus pertama dan naik lagi menjadi 83,79 pada siklus kedua ) dan peningkatan terhadap motivasi anak didik ( yaitu dari 16 % yang motivasinya tinggi pada pra-siklus menjadi 70,8 % pada siklus pertama dan naik lagi menjadi 84 % pada siklus kedua ). Kesimpulan pada penelitian ini menyatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe GI berhasil meningkatkan keterampuan anak didik dalam melakukan handstand.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ?? def_phi ??
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 02 Jan 2014 13:48
Last Modified: 02 Jan 2014 13:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6048

Actions (login required)

View Item View Item