PROFIL GURU MODEL PADA PENERAPAN LESSON STUDY MATEMATIKA DI SMPN 15 DAN SMPN 11 KOTA BENGKULU

Adiguswanjaya, Adiguswanjaya and Fachruddin, M. and Rusdi, Rusdi (2007) PROFIL GURU MODEL PADA PENERAPAN LESSON STUDY MATEMATIKA DI SMPN 15 DAN SMPN 11 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-ADI-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (146kB)
[img] Text
IV,V-ADI-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (563kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui profil guru model pada penerapan Lesson Study di SMPN 15 dan SMPN 11 Kota Bengkulu pada proses kegiatan belajar mengajar matematika dan untuk mengetahui tahap berpikir siswa sewaktu penerapan Lesson Study. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dapat diungkapkan sebagai temuan penelitian adalah sebagai berikut : Penerapan Lesson Study di SMPN 15 Kota Bengkulu pada proses kegiatan belajar mengajar matematika, berjalan dengan lancar dan sesuai dengan prosedur yang ada dalam Lesson Study. Dimana proses Lesson Study yang dilaksanakan adalah Perencanaan, Pelaksanaan (Implementasi), Refleksi. Tetapi disini masih banyak kekurangan, hal ini disebabkan karena kegiatan Lesson Study ini tergolong baru bagi sekolah-sekolah yang ada di Kota Bengkulu. Kekurangan di atas kemudian diperbaiki oleh kegiatan Lesson Study di SMPN 11 Kota Bengkulu, karena apa yang dilakukan oleh guru yang mengajar merupakan perbaikan dari hal-hal yang belum terpenuhi oleh guru yang pada saat Lesson Study di SMPN 15. Proses berpikir siswa pada materi segiempat yaitu pada pokok bahasan pengertian dan sifat-sifat-sifat bangun segiempat. Dimana tahap berpikir siswa selalu menggunakan pengetahuan awal dalam mencari pengertian dan sifat-sifat bangun segiempat. Dalam mencari pengertian bangun segiempat, siswa berpedoman pada ciri-ciri dari bangun yang mereka lihat (model dari karton). Dan juga dalam mencari sifat-sifat bangun segiempat, siswa berpedoman pada pengertian dan hasil percobaan. Selanjutnya, dalam menentukan hubungan antar bangun segiempat, siswa berpedoman pada sifatsifat bagun yang mereka peroleh. Dari percobaan yang dilakukan oleh siswa, mereka memperoleh temuan baru yaitu bangun trapesium beraturan. Proses berpikir siswa pada materi segitiga yaitu melukis garis tinggi dan garis bagi suatu segitiga. Di dalam melukis garis tinggi dan garis bagi suatu segitiga, siswa berpedoman pada langkahlangkah melukis garis tegak lurus dan membagi sudut menjadi dua sama besar. Dimana, garis tegak lurus sangat berhubungan dengan garis tinggi segitiga, dan juga membagi sudut menjadi dua bagian sama besar sangat berhubungan dengan garis bagi segitiga. Pada kegiatan melukis garis tinggi dan garis bagi segitiga, siswa menemukan cara bagaimana melukis garis tinggi dan garis bagi dengan titik potong berada dalam segitiga.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 03 Jan 2014 08:46
Last Modified: 03 Jan 2014 08:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6055

Actions (login required)

View Item View Item