Almansyury, Hasbullah and Idris , H. Irsal and Fachruddin, M. (2007) ANALISIS KUALITAS BUKU AJAR MATEMATIKA SMP KELAS VIII SEMESTER 2 DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
I,II,III-HAS-FKIP.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (275kB) |
|
Text
IV,V-HAS-FKIP.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (218kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas buku ajar matematika SMP kelas VIII semester 2 yang ada di kota bengkulu pada saat ini. Hal ini dilakukan bukan untuk melemahkan, menjelek-jelekkan dan membanding-bandingkan buku yang beredar di kota Bengkulu saat ini melainkan hanya untuk meningkatkan kualitas isi buku agar lebih mudah dipahami bagi pembaca khususnya siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yang merupakan penelitian yang menggambarkan fenomena yang sedang berkembang, sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dokumentasi atau isi. Populasi dalam penelitian ini adalah buku ajar SMP kelas VIII semester 2 yang ada di kota bengkulu, sedangkan sampel dalam penelitian yaitu buku terbitan tiga serangkai. Dari hasil analisis, buku SMP kelas VIII semester 2 terbitan tiga serangkai yang dijadikan sampel dalam penelitian berkualitas baik. Hal ini ditandai buku dibuat dengan menarik sehingga dapat menimbulkan minat bagi pembaca, buku ini menstimulus kegiatan siswa yaitu terdapat berbagai contoh soal dan latihan-latihan yang dapat menstimulus kegiatan siswa dalam kegiatan belajar, konsep disajikan dengan cukup jelas yaitu mengaitkan konsep dengan situasi konkrit yang ada di sekitar siswa walaupun hanya sebagian kecil saja konsep yang dikaitkan pada situasi konkrit siswa, dan tata bahasa yang ada pada buku ini disajikan dengan baik. Dari segi kognitif, soalsoal latihan yang ada pada buku SMP kelas VIII semester 2 yang dianalisis hanya 4 jenis soal yaitu soal ingatan, soal pemahaman, soal aplikasi dan soal analisis serta tidak mencantumkan soal-soal sintesis dan evaluasi. Terlepas dari ada atau tidaknya soal sintesis dan evaluasi, soal-soal sudah dibuat sesuai dengan urutan tingkat kognitif siswa walaupun banyak soal dari masing-masing tingkat kognitif berbeda-beda.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | Miss Goklasni Manullang |
Date Deposited: | 03 Jan 2014 08:56 |
Last Modified: | 03 Jan 2014 08:56 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6058 |
Actions (login required)
View Item |