AKUNTABILITAS PELAYANAN AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BENGKULU

Lestari, Astri and Achmad , Aminudin and Suratman, Suratman (2013) AKUNTABILITAS PELAYANAN AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik UNIB.

[img] Text
I,II,III,III-13-ast-FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)
[img] Text
IV,V,VI,LAMP,III-13-ast-FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Pertangggungjawab dalam penyelenggaraan pelayanan publik bukan hanya dituntut kepada atasan namun juga perlu kepada masyarakat, sebagaimana diatur dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: KEP/26/M.PAN/2/2004 tentang Petunjuk Teknis Transparansi dan Akuntabilitas dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Penelitian ini bertujuaan menggambarkan dan menganalisis akuntabilitas pelayanan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu, dengan akuntabilitas kepada masyarakat sebagai penerima pelayanan akta kelahiran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan informan menggunakan teknik Purposive Sampling, dimana dari hasil wawancara diperoleh 19 orang informan, terdiri dari 5 orang informan pegawai dan 14 informan masyarakat yang membuat jenis akta kelahiran umum dan terlambat. Pengumpulan data dalam penelitian ini, ada dua sumber yaitu data primer (wawancara dan observasi) dan data sekunder (dokumentasi). Untuk analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akuntabilitas pelayanan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu kepada masyarakat belum berjalan dengan baik, yang dilihat dari tiga aspek yaitu akuntabilitas kinerja pelayanan akta kelahiran, akuntabilitas biaya pelayanan akta kelahiran dan akuntabilitas produk pelayanan akta kelahiran. Akuntabilitas kinerja pelayanan akta kelahiran belum sepenuhnya berjalan maksimal. Petugas belum mampu memberikan pelayanan yang cepat sesuai dengan ketentuan (94,73%). Kendala yang masih menjadi masalah dimana petugas dalam bekerja belum teliti (31,57%), petugas kurang disiplin (21,05%), dan sarana dan prasaranan pelayanan masih kurang (100%). Akuntabilitas biaya pelayanan akta kelahiran tidak berjalan maksimal dan masih sangat perlu ditingkatkan. Pemungutan biaya pelayanan akta kelahiran belum sesuai dengan peraturan (63,15%) yaitu adanya pemungutan liar dalam pelayanan akta kelahiran. Hal ini karena biaya pelayanan akta kelahiran tidak diinformasikan secara transparan sehingga membuat masyarakat tidak mengetahui informasi biaya secara jelas. Sementara akuntabilitas produk pelayanan akta kelahiran berjalan maksimal. Penerbitan akta kelahiran sudah diterima dengan benar, tepat dan sah oleh masyarakar sesuai dengan jenis yang dibuat. Hanya saja dalam kejelasan persyaratan dan teknis dan administratif pelayanan serta kesederhanaan prosedur dan mekanisme pelayanan akta kelahiran perlu ditingkatkan, karena masih banyak masyarakat yang belum jelas persyaratan dan teknis dan administratif pelayanan akta kelahiran (73,68%) dan prosedur dan mekanisme pelayanan akta kelahiran belum sederhana (47,36%).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: Miss Novita Veronika Barus
Date Deposited: 09 Jan 2014 20:57
Last Modified: 09 Jan 2014 20:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6060

Actions (login required)

View Item View Item