PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN (DISCOVERY) DENGAN PEMBELAJARAN TRADISIONAL DI KELAS I SMK NEGERI 3 BENGKULU

Solechatin, Solechatin and Saleh, Haji and H. Irsal, Idris (2007) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN (DISCOVERY) DENGAN PEMBELAJARAN TRADISIONAL DI KELAS I SMK NEGERI 3 BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-SOL-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (213kB)
[img] Text
IV,V-SOL-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (145kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yaitu membandingkan dua kelompok perlakuan. Kelompok pertama diajarkan menggunakan metode penemuan (Dsiscovery) dan kelompok ke dua dengan menggunakan pembelajaran tradisional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SMK Negeri 3 Bengkulu yang berjumlah 122 siswa. Sampel diambil dua kelas yang homogen yang dilihat dari nilai ujian blok siswa pada materi sebelumnya. Kelas IB 2 1 yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IB yang berjumlah 19 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes. Dari hasil analisis setelah soal tes diujicobakan, 13 soal dipakai dari 15 butir soal . Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan mengguinakna metode penemuan (Discovery) dan variable terikatnya adalah hasil belajar siswa yang dibagi dalam tiga kelompok, yaitu: tinggi (x≥8), sedang (6,5≤x<8), dan rendah (x<6,5). Berdasarkan perhitungan Anava Dua Jalur untuk hasil penelitian bahwa pada hipotesis pertama terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan penerapan metode penemuan dengan pembelajaran tradisional, di mana F 1 = 7,08 dan F tabel hitung = 7,14 pada taraf nyata 5%. Untuk hipotesis ke dua terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah di mana F = 112,33 dan F tabel hitung = 3,22 pada taraf nyata 5%. Untuk hipotesis ke tiga tidak ada interaksi antara metode mengajar dengan tingkat kemampuan siswa di mana F = 0,25 dan F = 3,32 pada taraf nyata 5%. tabel

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 03 Jan 2014 10:01
Last Modified: 03 Jan 2014 10:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6072

Actions (login required)

View Item View Item