Srirejeki , Ines and Puspa , Djuwita and Resnani, Resnani (2013) STUDI DESKRIPTIF PENANAMAN NILAI-NILAI DEMOKRASI PANCASILA PADA PEMBELAJARAN PKn KELAS V SDIT IQRA’ 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Text (Thesis)
I,II,III,2-13-ine.FI..pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
|
Text (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-ine.FI..pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya penanaman nilai nilai demokrasi Pancasila pada pembelajaran PKn kelas V SDIT IQRA‟ 1 Kota Bengkulu. Secara khusus bertujuan untuk mendeskripsikan penananaman nilai-nilai demokrasi Pancasila pada perencanaan, kegiatan, dan evaluasi pembelajaran PKn kelas V SDIT IQRA‟ 1 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-naturalistik. Subjek penelitian adalah guru PKn kelas V. Teknik Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji kredibilitas data melalui triangulasi dan member check. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, display data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi ditemukan bahwa: (1) Guru belum membuat perencanaan pembelajaran secara mandiri, perencanaan pembelajaran yang dimiliki guru didapatkan melalui download. (2) Metode-metode yang pembelajaran yang digunakan guru adalah tanya jawab, diskusi kelompok, penugasan dan ceramah. (3) Evaluasi kognitif dilakukan dengan tertulis dan lisan, guru tidak memiliki catatan penilaian terkait evaluasi afektif dan psikomotor. Berdasarkan hasil analisis data, secara umum dapat disimpulkan bahwa sudah terdapat penanaman nilai-nilai demokrasi Pancasila, namun belum terprogram dengan baik dan belum dilaksanakan dengan maksimal. Secara khusus dapat disimpulkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran PKn yang bermuatan penanaman nilai-nilai demokrasi Pancasila belum dilakukan guru, namun perencanaan yang dimiliki sudah mengarah pada penanaman nilai-nilai demokrasi Pancasila. (2) Nilai-nilai demokrasi Pancasila diinternalisasikan melalui metode-metode pembelajaran yang digunakan. (3) Evaluasi kognitif sudah baik, evaluasi afektif belum terprogram dan evaluasi psikomotor belum dilakukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 03 Jan 2014 12:42 |
Last Modified: | 03 Jan 2014 12:42 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6090 |
Actions (login required)
View Item |