HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 69 KOTA BENGKULU

Travolta, Jhon and Nani , Yuliantini and Dalifa, Dalifa (2013) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 69 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-jho.FI..pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (16MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,2-13-jho.FI..pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (16MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara (variabel X) kecerdasan emosional dengan (variabel Y) hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 69 Kota Bengkulu tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan metode uantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 29 siswa kelas V SD Negeri 69 kota Bengkulu tahun ajaran 2012/2013. Instrumen dalam penelitian ini, yaitu angket kecerdasan emosional dan dokumentasi berupa nilai rapor Bahasa Indonesia semester satu siswa kelas V SD Negeri 69 kota Bengkulu tahun ajaran 2012/2013. Penelitian diawali dengan melaksanakan uji validitas dan uji reliabilitas terhadap instrumen penelitian berupa angket kecerdasan emosional. Hasil uji validitas diperoleh data bahwa, terdapat 54 item instrumen yang dinyatakan valid dari 80 item instrumen yang diujicobakan. Hasil uji reliabilitas diperoleh nilai r11 sebesar 0,93.Berdasarkan data tersebut, maka 54 item instrumen angket kecerdasan emosional dinyatakan reliabel. Setelah itu angket kecerdasan emosional disebar pada sampel sebenarnya. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis terhadap data angket dan dokumentasi dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai r hitung sebesar 0,692 dan nilai r tabel sebesar 0,367. Diketahui nilai r hitung lebih besar dari nilai r tabel, maka hipotesis yang diajukan oleh peneliti diterima, sehinggah dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 69 Kota Bengkulu tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 03 Jan 2014 12:52
Last Modified: 03 Jan 2014 12:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6091

Actions (login required)

View Item View Item