PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 1VA SD NEGERI 86 KOTA BENGKULU

Ana , Karina Usi Denni and Karjiati, Karjiati and Herman , Lusa (2013) PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 1VA SD NEGERI 86 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,2-13-kar.FI..pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-kar.FI..pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika siswa kelas 1VA SDN 86 Kota Bengkulu. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas 1VA SDN 86 Kota Bengkulu dengan jumlah siswa 25 orang. Instrumen yang digunakan terdiri atas lembar observasi guru, lembar observasi siswa, lembar penilaian afektif, lembar penilaian psikomotor serta lembar tes tertulis (post tes). Data observasi dianalisis dengan menggunakan rata-rata skor dan kriteria skor, sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai persentase ketuntasan belajar siswa. Dari analisis data aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata skor 33 dengan kriteria cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 45,5 dengan kriteria baik. Untuk aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata skor 32,25 dengan kriteria cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 42 dengan kriteria baik. Untuk penilaian afektif pada siklus I diperoleh rata-rata skor 9,96 dan pada siklus II meningkat menjadi 10,8. Untuk penilaian psikomotor pada siklus I diperoleh skor 8,52 dan pada siklus II meningkat menjadi 9,34. Adapun untuk hasil tes pada siklus I mendapat nilai rata-rata kelas 68,7 dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 68 % dan untuk siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas 77,8 dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 84 %. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran Matematika dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 03 Jan 2014 13:07
Last Modified: 03 Jan 2014 13:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6094

Actions (login required)

View Item View Item